Uji Kemampuan BYD M6 Mengaspal Jakarta-Bandung, MPV Listrik Pertama di RI Buatan China! 

Uji Kemampuan BYD M6 Mengaspal Jakarta-Bandung, MPV Listrik Pertama di RI Buatan China! 

Terkini | okezone | Kamis, 8 Agustus 2024 - 10:39
share

JAKARTA - Menguji kemampuan BYD M6 mengaspal dengan rute Jakarta-Bandung via Subang, Jawa Barat. BYD M6 mobil listrik buatan China yang menjadi mobil Multi Purpose Electric Vehicle (MPEV) pertama di Indonesia. Okezone berkesempatan menguji kemampuan BYD M6 yang resmi diluncurkan pada event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD City, Tangerang pada 17 Juli 2024.

Perjalanan ke Jakarta-Bandung via Subang dimulai dari diler BYD HAKA Auto Cibubur yang terletak di Jl Alternatif Cibubur No 41, Jatikarya, Kecamatan Jakasampurna, Kota Bekasi Jawa Barat. Okezone diberi kesempatan menjajal BYD M6 Superior 6-Seater/Captain Seat berwarna Crystal White dengan baterai dalam keadaan penuh 100 dengan jarak tempuh yang tertera 530 kilometer (km) karena dibekali baterai LFP Blade Battery berkapasitas 71,8 kWh. Tenaga yang dihasilkan dengan kapasitas baterai tersebut mencapai 150 kW dengan torsi 310 Nm.

Mobil ini mempunyai 3 mode berkendara, yaitu normal, sport, dan eco. Okezone pun memilih mode berkendara normal. Saat memasuki ke dalam mobil BYD M6 langsung terlihat interior kabin yang luas dan nuansa mobil keluarga sangat kental. Sebab, BYD M6 dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan mobilitas keluarga di Indonesia. Kursinya pun bisa diatur maju mundur depan belakang dan atas bawah dengan pengaturan elektrik. Selain itu, setir sudah mengusung tilt dan telescopic yang memudahkan pengemudi mengaturnya.

Interior BYD M6 (Okezone/Dani Jumadil)

Tak ingin lama-lama, pedal gas pun langsung diinjak untuk merasakan kemampuan BYD M6 ini. Perjalanan dimulai dengan menyusuri jalan raya dengan kecepatan rata-rata 40 kilometer (km) per jam. Saat memasuki jalan tol menuju Bandung via Subang, kecepatan ditambah hingga mencapai 100 hingga 120 km per jam. Tak ada kendala saat bermanuver dengan kecepatan tinggi di jalan tol. Mobil tetap stabil dikemudikan sebab memiliki perangkat peredam yang memadukan MacPherson Strut bagian depan dan Multi link belakang, membuat mobil ini memiliki kestabilan yang sangat maksimal saat dikemudikan meski dihadang beberapa jalan yang rusak, berlubang dan bergelombang di jalan tol menuju Bandung via Subang.

Meski udara sedang panas di luar, semburan angin dingin dari AC BYD M6 ini juga membuat pengemudi nyaman. Kemampuan BYD M6 kembali diuji saat keluar jalan tol menuju Bandung lewat Subang.  Memasuki kawasan ini menuju Ciater, jalanan menanjak, naik turun hingga penuh tikungan menjadi ujian kemampuan BYD M6. Mengaspal di jalan yang penuh tantangan, performa BYD M6 diuji mulai dari kawasan Cagak, tanjakan Emen, Ciater hingga Dago, Kabupaten Bandung, namun masih bertenaga saat kembali mendaki jalanan yang curam.

Untuk masalah keamanan, BYD M6 ini mempunyai teknologi canggi terutama fitur ADAS (Advance Driving Assistance System) yang dapat mencegah kecelakaan akibat pengemudi yang lengah. ADAS yang disematkan pada setiap unit BYD menggunakan berbagai macam sensor, seperti kamera, radar, ultrasonic, dan banyak sensor lainnya. Dalam hal ini, BYD sangat memperhatikan faktor keamanan unitnya untuk memastikan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Teknologi ADAS pada BYD M6 berisi fitur-fitur canggih, seperti AEB (Automotive Engine Breaks) atau Pengereman Darurat Otomatis. Peran AEB penting dalam keselamatan dengan menggunakan sensor kamera dan empat radar parkir belakang untuk memantau jalan di depan. Begitupun ketika stop and go di jalan menanjak, fitur Hill Hold Control (HHC) mampu menahan BYD M6 agar tidak mundur. Hal ini membuat pengendara tidak khawatir di jalan menanjak.

 

Hingga akhirnya tiba di penginapan di Dago Atas dan menyisakan daya baterai 57 dengan daya tempuh sekira 174 kilometer.  Namun, hitungan ini tidak bisa dijadikan patokan lantaran gaya berkendara setiap orang berbeda serta jalanan yang dilalui hingga kapasitas muatan juga beragam.

Head of Marketing Communication PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan menjelaskan, BYD M6 dibangun dan dikembangkan berdasarkan riset yang telah dijalankan. Bahkan dia menyebut BYD M6 merupakan produk dari Indonesia untuk konsumen Indonesia karena benar-benar menyesuaikan karakter dan culture masyarakat Indonesia, sehingga ketika sudah diterima sesuai dengan harapan masyarakat.

“Kita telah mengembangkan BYD M6 melalui pengujian di Indonesia, dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia,” ungkapnya saat media test drive di Bandung Rabu 7 Agustus 2024.

Harga dan Spesifikasi BYD M6

BYD M6 (Okezone/Dani Jumadil)

Hadir dalam tiga varian; M6 Standard, M6 Superior, dan M6 Superior Captain, masing-masing menawarkan fitur unik untuk memenuhi berbagai kebutuhan berkendara. BYD M6 menampilkan desain Dragon Face elegan aerodinamis, dengan bagian depan ramping untuk mengoptimalkan aliran udara. Desain ini mencerminkan kesederhanaan dan keanggunan estetika generasi baru BYD, dengan memperhatikan ketelitian detail yang tidak lekang oleh waktu. Untuk harga BYD M6 ini dibanderol beragam seperti M6 variasi Standar 7 seater Rp379 juta, varian Superior 7 seater Rp419 juta dan varian Superior Captain 6 seater Rp429 juta.


Kokpit cerdas BYD M6 menampilkan konsol tengah dengan head shift berbentuk bola modern dan elegan. Layar berputar 12,8 inci menjadi asisten pintar selama perjalanan, keunikannya terletak pada kemampuannya untuk berputar 90 derajat, memberikan fleksibilitas dalam penggunaannya baik dalam mode lanskap maupun potret. Sistem infotainment seperti Apple Carplay dan Android Auto juga fitur bluetooth memungkinkan pengemudi mengintegrasikan smartphone dengan mudah. Semua fitur canggih ini menambahkan sentuhan keindahan yang halus dan meningkatkan pengalaman berkendara secara keseluruhan.

M6 Standard memiliki konfigurasi tujuh seater dengan kursi yang dapat disesuaikan secara elektrik dan manual. M6 Superior menambahkan fitur panoramic sunroof dan ventilasi kursi depan, sementara M6 Superior Captain menawarkan konfigurasi enam seater dengan captain seat di bagian tengah. Peningkatan kualitas pada captain seat dengan desain ergonomis sepenuhnya sesuai dengan lekuk tubuh manusia. Kursi depan memiliki bantalan lebih lebar dan lebih panjang untuk pengalaman mengemudi lebih nyaman. Dilengkapi pula dengan area bagasi luas dan kursi lipat cerdas menciptakan area muatan yang benar-benar datar, menjadikan BYD M6 pilihan ideal untuk perjalanan keluarga.

 

Keamanan menjadi prioritas utama BYD M6, dilengkapi oleh blade battery yang sudah melewati nail penetration test dan berhasil untuk tidak mengeluarkan asap ataupun terbakar. Memiliki ketahanan suhu yang mencapai 30 hingga 60 °C, baterai ini juga telah lulus pengujian kondisi ekstrim lainnya tanpa menyebabkan kebakaran atau ledakan, sehingga dapat menjamin keamanan pengguna. 

Keunggulan keselamatan BYD M6 seperti 6 airbags di bagian depan dan samping, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), dan Anti-Lock Braking System (ABS), menunjukkan komitmen BYD untuk melindungi penumpangnya dan memberikan pengalaman berkendara yang aman. Kombinasi fitur keselamatan aktif dan pasif ini bekerjasama untuk mengurangi risiko kecelakaan dan meminimalkan keparahan cedera jika terjadi tabrakan.

Keunggulan lain dari BYD M6 adalah kemampuan pengisian daya yang cepat. Dengan kapasitas pengisian daya DC 170kW, M6 mampu mengisi daya hanya dalam 30 menit, dari keadaan 30 hingga 80 (SOC), memberikan tambahan daya yang memadai untuk kemudahan dan kenyamanan maksimal. Dirancang untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hiburan keluarga Indonesia, BYD M6 dilengkapi dengan fitur-fitur seperti touch screen di dashboard yang memudahkan penumpang mengakses fitur hiburan, sistem audio berkualitas dengan speaker di seluruh kabin memberikan pengalaman mendengarkan musik ataupun menonton film yang imersif, serta sistem VTOL (Vertical Take-Off Landing) yang dilengkapi sistem perlindungan untuk mencegah situasi berbahaya seperti korsleting atau kebakaran.

BYD M6 hadir dalam empat varian warna: Crystal White, Quartz Blue, Cosmos Black, dan Harbour Grey. Kendaraan ini tidak hanya menyediakan interior lapang dan multifungsi, tetapi juga kontribusi terhadap lingkungan dengan energi lebih bersih dan ketenangan berkendara, meningkatkan pengalaman perjalanan keluarga secara menyeluruh.

Topik Menarik