Jepang Dilanda Suhu Panas Ekstrem, Nyaris 40 Derajat Celsius

Jepang Dilanda Suhu Panas Ekstrem, Nyaris 40 Derajat Celsius

Terkini | inews | Minggu, 7 Juli 2024 - 21:15
share

TOKYO, iNews.id - Jepang diterjang gelombang panas dengan cakupan lebih luas yang belum pernah terjadi sebelumnya. Suhu pada Minggu (7/7/2024) terdeteksi nyaris 40 derajat C di wilayah Tokai hingga Kanto.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan sengatan panas untuk 26 prefektur seraya mendesak warga melakukan tindakan pencegahan guna menghindari dampak mematikan dari cuaca ekstrem ini. Suhu panas berlangsung terus-menerus, tidak menunjukkan tanda-tanda mereda. Suhu pada siang hari diperkirakan akan melonjak di atas 35 derajat Celsius. Angka tersebut merupakan pertama kalinya sepanjang 2024.

Menurut badan meteorologi, lebih dari 200 lokasi mengalami panas ekstrem. Di Tokyo, cairan merkuri mencapai 36 derajat Celsius. Banyak wilayah, mulai Tokai hingga Kanto, mengalami suhu udara melebihi suhu tubuh.

Bahkan di Kota Maebashi dan Chichibu, suhu mencapai 39 derajat Celsius. Beberapa wilayah di pedalaman Kanto berpotensi bisa menembus 40 derajat.

Gelombang panas menyebabkan rekor jumlah kasus sengatan di banyak wilayah Negeri Sakura. Dua lansia di Prefektur Ehime dan Tokushima meninggal dunia hari ini. Sementara Tokyo melaporkan 119 kasus darurat terkait panas pada hari yang sama, termasuk tiga kasus parah di kalangan lansia.

Pihak berwenang mendesak warga, terutama kalangan lansia dan anak-anak, untuk menggunakan penyejuk ruangan dengan benar, banyak minum meski tidak haus, serta menghindari aktivitas luar ruangan dan berolahraga yang tidak perlu.

Topik Menarik