Meresahkan! Buaya 3 Meter Ditangkap Warga Desa Pagarawan 

Meresahkan! Buaya 3 Meter Ditangkap Warga Desa Pagarawan 

Terkini | lintasbabel.inews.id | Selasa, 2 Juli 2024 - 21:10
share

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Warga Desa Pagarawan, Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menangkapan seekor buaya dengan panjang 3 meter. Buaya tersebut ditangkap, karena kerap menyerang manusia. 


Proses evakuasi buaya 3 meter usai ditangkap warga Desa Pagarawan. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan.
 

"Kita menerima satu satwa liat jenis buaya yang ukurannya kurang lebih hampir 3 meter," kata Manager PPS Alobi Fondation, Endi R. Yusuf, Selasa (2/7/2024).

Endi mengatakan, buaya ditangkap oleh warga dengan cara dipancing menggunakan umpan yang menarik buaya untuk melahapnya. 

"Buaya ditangkap nelayan atau warga di Desa Pagarawan, yang dimana memang Desa Pagarawan itu mempunyai aliran Sungai Baturusa yang memang habitat buaya," katanya.

 

Lebih lanjut Endi menjelaskan, usai ditangkap buaya berukuran 3 meter itu diseret warga ke tepian sungai. Lalu warga melilit moncong buaya dengan tali tambang. 

Reptil ganas berukuran 3 meter ini ditangkap lantaran kerap menyerang warga yang sedang beraktivitas di sekitar Sungai Pagarawan. 

Menurut keterangan warga, sudah lebih dari lima orang yang menjadi korban keganasan buaya. Meski mereka selamat, namun mengalami luka serius di beberapa bagian tubuh akibat gigitan buaya. 

"Mereka sudah mulai resah memang terjadi serangan beberapa kali, memang mereka tidak melaporkan ke  BKSDA atau ke kita jadi, berinisiatif untuk menangkap buaya tersebut," kata Endi. 

Agar tidak mati, buaya kemudian dibawa ke Pusat Penyelamatan Satwa di Air Jangkang Kabupaten Bangka. 

"Warga diimbau untuk tidak mendekati habitat buaya, saat sedang beraktivitas disekitar sungai," ujarnya.

 

Topik Menarik