Polri Dampingi Kemensos Bantu Penyaluran Sembako di Lamongan

Polri Dampingi Kemensos Bantu Penyaluran Sembako di Lamongan

Terkini | okezone | Sabtu, 8 Juni 2024 - 01:00
share

JAKARTA - Polri mendampingi Kementerian Sosial (Kemensos) untuk memantau penyaluran bantuan sembako atau bantuan pangan non tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH). Kegiatan berlangsung di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur pada 2-6 Juni 2024.

Kegiatan Satgassus pencegahan Korupsi Mabes Polri kali ini dipimpin oleh Budi Agung Nugroho selaku Ketua Tim. Tim melakukan pemantauan langsung terhadap pencarian dan penyaluran bansos. Tak hanya itu tim juga melakukan sosialisasi terhadap warga.

Tinjau Pasar Senggol Dumai, Jokowi Pastikan Harga Sembako Stabil

"Untuk mencegah terjadinya penipuan yang dilakukan oleh oknum dengan cara memanfaatkan program bansos," kata Budi dalam keterangannya, Jumat (7/6/2024).

Adapun Kabupaten Lamongan dipilih karena ditemukan ribuan data keluarga penerima manfaat yang ditidaklayakan dalam kurun waktu Juni 2023 hingga Februarj 2024. Hal ini duduga adanya penidaklayakan ini tanpa melalui mekanisme sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Dari hasil temuan di lapangan, terjadi upaya penggiringan KPM untuk mengambil sembako atau BPNT yang telah dipaketkan di penyedia yang telah ditentukan," jelasnya.

Hal ini tidak sesuai dengan Permensos Nomor 4 tahun 2023 yang berakibat pada penidaklayakan terhadap KPM yang tidak mau mengambil paket sembako atau BPNT oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Topik Menarik