Pemprov DKI Periksa Puluhan Ribu Hewan Kurban, 10 Ekor Ditemukan Terluka

Pemprov DKI Periksa Puluhan Ribu Hewan Kurban, 10 Ekor Ditemukan Terluka

Terkini | inews | Jum'at, 7 Juni 2024 - 20:46
share

JAKARTA, iNews.id - Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta menggencarkan pemeriksaan hewan kurban jelang Idul Adha 1445 H. Hasilnya, terdapat 10 ekor hewan kurban ditemukan mengalami luka ringan.

Petugas telah memeriksa 410 lokasi Tempat Penampungan Hewan Kurban (TPnHK) di lima wilayah kota administrasi DKI Jakarta dengan total hewan terperiksa sebanyak 31.847 ekor.

Hewan kurban tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

"Hasil pemeriksaan tersebut terdapat 10 ekor hewan kurban yang ditemukan luka pada kaki hingga stres dalam perjalanan dan sudah dalam penanganan petugas," kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati, Jumat (7/6/2024).

Selain pemeriksaan kesehatan hewan, Dinas KPKP juga melakukan surveilans atau monitoring terhadap penyakit Anthrax di TPnHK.

Hasilnya, 226 sampel preparat ulas darah dinyatakan bebas Anthrax berdasarkan hasil uji laboratorium.

"Kegiatan ini masih terus berlanjut seiring dengan kedatangan hewan kurban lainnya yang masuk ke DKI Jakarta dalam rangka penjaminan kesehatan dan kelayakan hewan kurban menjelang Idul Adha Tahun 2024/ 1445 H," katanya.

Topik Menarik