Khotbah dan Salat Jumat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Dipersingkat selama Musim Haji

Khotbah dan Salat Jumat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Dipersingkat selama Musim Haji

Terkini | inews | Jum'at, 7 Juni 2024 - 19:02
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua Urusan Keagamaan al-Haramain menginstruksikan para imam dan khatib di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk mempersingkat khotbah dan salat Jumat selama musim haji tahun ini. Imbauan itu diberlakukan untuk menjaga kesehatan para jemaah haji.

Arab Saudi mempertimbangkan jumlah jemaah haji yang mencapai jutaan jiwa, serta kondisi cuaca panas yang menyengat di Makkah dan Madinah.

Diharapkan dengan mempersingkat khotbah dan salat Jumat, para jemaah dapat terhindar dari kelelahan dan dehidrasi, terutama saat berada di pelataran tawaf, lantai atap, dan halaman masjid.

Ketua Urusan Keagamaan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Syaikh Abdurrahman as-Sudais, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/6/2024), menjelaskan arahan ini sejalan dengan ajaran Nabi Muhammad yang menganjurkan untuk mempersingkat khotbah.

Selain itu, Syaikh Abdurrahman as-Sudais juga mengingatkan hadits Nabi Muhammad yang mencontohkan durasi salat Jumat yang sedang, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu singkat.

Syaikh Abdurrahman as-Sudais menjelaskan bahwa selain mempersingkat khotbah, para imam di kedua masjid suci juga diinstruksikan untuk meringankan beban jemaah dengan mengurangi jumlah bacaan Alquran dan memperpendek waktu antara azan dan iqamah. Hal ini dilakukan dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip syariah dan tujuan-tujuan yang diutamakan.

Langkah-langkah tersebut disebut akan memudahkan para jemaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan lebih nyaman dan khusyuk, tanpa harus terbebani oleh kelelahan dan dehidrasi.

Topik Menarik