Cuaca di Mekah Capai 46 Derajat, Jemaah Haji Asal Cianjur Diminta Jaga Kesehatan

Cuaca di Mekah Capai 46 Derajat, Jemaah Haji Asal Cianjur Diminta Jaga Kesehatan

Terkini | cianjur.inews.id | Kamis, 6 Juni 2024 - 20:20
share

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Sebanyak 112 jemaah calon haji kloter empat atau JKS 58 asal Kabupaten Cianjur menjadi yang terakhir diberangkatkan pada musim haji 2024.

Secara total jemaah haji asal Kabupaten yang sudah diberangkatkan sebanyak 1.436 orang.

"Keberangkatan kloter JKS 58 menandai berakhirnya pemberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Cianjur musim haji tahun ini. Total jemaah haji yang berangkat asal Kabupaten Cianjur 2024 berjumlah 1.436 jemaah," ujar Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah, Kementrian Agama Kabupaten Cianjur, Rian Fauzi pada Kamis, 6 Juni 2024.

Rian juga meminta para jemaah untuk menjaga kesehatan dan melakukan olahraga ringan agar bugar saat menjalani ibadah haji. Karena suhu udara di Kota Mekkah, Arab Saudi akhir-akhir ini bisa mencapai 46 derajat celsius.

"Kita minta semua jemaah dapat mempersiapkan diri dalam hal manasik dan menerapkan pola hidup sehat. Jaga kesehatan dengan melakukan olah raga ringan dan menjaga pola makan sehat mengingat ibadah haji adalah ibadah yang juga membutuhkan tenaga dan stamina," kata Rian.

Rian menambahkan, jemaah diimbau untuk tidak beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, lantaran panas berlebihan atau cuaca ekstrem dapat memicu dehidrasi dan demensia.

Jemaah calon haji yang tiba di Kota Mekkah, diimbau untuk melakukan umrah wajib pada malam hari. Agar terhindar dari cuaca ekstrem yang sangat panas pada siang hari.

"Kami menghimbau jemaah calon haji diminta fokus menjaga kesehatan dan mempersiapkan fisik, untuk rangkaian haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina. Jemaah haji yang harus keluar di siang hari, diimbau membawa alat pelindung diri dari suhu panas. Kalau tidak penting jangan keluar di siang hari," tegas Rian.

Rian berharap, semua calon haji Cianjur yang menjadi tamu Allah di Tanah Suci Mekah dapat melaksanakan rukun Islam kelima itu dengan sempurna dan pulang ke Indonesia semuanya menjadi haji mabrur.

Topik Menarik