Bendungan Sepaku Semoi Diresmikan Jokowi, Pasok Air Bersih IKN Nusantara dan Balikpapan

Bendungan Sepaku Semoi Diresmikan Jokowi, Pasok Air Bersih IKN Nusantara dan Balikpapan

Terkini | kutai.inews.id | Selasa, 4 Juni 2024 - 22:10
share

SEPAKU, iNewsKutai.id - Presiden Joko Widodo meresmikan penggunaan Bendungan Sepaku Semoi, Selasa (4/6/2024). Bendungan ini akan menjadi sumber air bersih bagi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Kota Balikpapan.

Peresmian ditandai dengan pemutaran logo PUPR oleh Presiden Jokowi.

"Bendungan ini akan menjadi sumber air baku IKN Nusantara dan Kota Balikpapan. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang ini saya resmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, ujar Jokowi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menjelaskan, Bendungan Sepaku Semoi akan menyuplai air baku ke IKN dengan kapasitas sebesar 2.000 liter per detik.

Sementara, Kota Balikpapan akan mendapatkan suplai sebanyak 500 liter per detik. Total bendungan tersebut berkapasitas 16 juta meter kubik air dengan luas genangan 322 hektare (ha).

Bendungan yang menelan dana Rp836 miliar ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air baku sekaligus mereduksi banjir hingga 68 persen kawasan terdampak yakni seluas 1700 ha.

Pj Gubernur Akmal Malik menambahkan, Bendungan Sepaku Semoi tidak hanya menjadi sumber air baku bagi IKN Nusantara dan Balikpapan namun juga akan menjadi objek wisata baru di Kaltim.

"Bendungan di Kecamatan Sepaku ini diproyeksikan menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kaltim khususnya di kawasan IKN Nusantara," pungkasnya.

artikel ini telah tayang di inews.id

Topik Menarik