Unik! 4 Pasangan Pengantin di Bantul Nikah di Kandang Kambing, Mahar Bikin Ngiler

Unik! 4 Pasangan Pengantin di Bantul Nikah di Kandang Kambing, Mahar Bikin Ngiler

Terkini | inews | Selasa, 4 Juni 2024 - 21:03
share

BANTUL, iNews.id – Pernikahan unik dilakoni empat pasangan pengantin di Kabupaten Bantul. Mereka melangsungkan ijab kabul di peternakan kambing, Selasa (4/6/2024). Maharnya pun bikin ngiler yakni kepala kambing yang sudah dimasak.

Pernikahan empat pasangan pengantin itu diprakarsai Forum Ta`aruf Indonesia (Fortais). Pantauan di lokasi, sebelum melangsungkan ijab Kabul, keempat pasang pengantin itu dikirab sambil menuntun beberapa ekor kambing. Para pengantin pria tampak kesulitan menuntun kambing menuju lokasi ujab qobul sejauh 200 meter.

Ketua Fortais Sewon, Ryan Budi Nuryanto mengatakan, nikah bareng yang digelar di peternakan kambing Asia Goat Farm Bantul ini bertujuan agar para pengantin mempunyai semangat syiar untuk mengajak berkurban pada Idhul Adha. “Ini juga sekaligus menanamkan jiwa wira usaha dengan budi daya peternakan kambing,” katanya.

Selain mendapatkan berbagai fasilitas pernikahan secara gratis, penyelenggara juga menyediakan empat kepala kambing yang sudah dimasak sebagai mahar pernikahan.

“Mahar kepala kambing ini dimaksudkan agar Kabupaten Bantul yang sudah terkenal dengan kuliner sate klathak akan semakin  dikenal dengan kuliner kepala kambing,” ujarnya.   

Empat pasangan pengantin menuntun kambing saat hendak melakukan ijab kabul di peternakan kambing, Sewon, bantul. (Foto: iNews)
Empat pasangan pengantin menuntun kambing saat hendak melakukan ijab kabul di peternakan kambing, Sewon, bantul. (Foto: iNews)

Dia menambahkan, nikah bareng yang digelar Fortais ini merupakan hasil kerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Bantul dan sejumlah pihak. 

Pelaksanaan ijab kabul yang digelar di peternakan kambing ini dilakukan secara sederhana. Turut hadir dalam acara itu, Bupati Bantul yang menjadi salah satu saksi nikah dalam nikah bareng ini.

Pernikahan unik ini cukup berkesan bagi para pengantin karena mereka belum pernah membayangkan akan menikah di samping kandang kambing. 

Seorang pengantin pria bahkan sampai menangis usai melaksanakan ijab Kabul. “Senang, terharu akhirnya bisa menikah,” ucap Nanu Arianto.

Topik Menarik