Wapres Dorong Papua Selatan Jadi Sentra Pangan Nasional dan Destinasi Wisata

Wapres Dorong Papua Selatan Jadi Sentra Pangan Nasional dan Destinasi Wisata

Terkini | inews | Selasa, 4 Juni 2024 - 16:05
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong Papua Selatan menjadi sentra pangan nasional. Apalagi, provinsi baru ini berbatasan langsung dengan Papua Nugini sehingga diharapkan dapat mendorong pergerakan ekonomi masyarakat hingga pelosok perbatasan.

“Kita akan terus mendorong Provinsi Papua Selatan sebagai sentra pangan nasional di timur Indonesia,” ujar Wapres Ma'ruf Amin saat Pencanangan Pembangunan Sentra Sarana dan Prasarana Pemprov Papua Selatan di Kota Merauke, Selasa (4/6/2024).

Wapres juga mendorong agar wisata sejarah di Boven Digoel dan Festival Asmat menjadi destinasi pariwisata berkelas dunia.

“Pemerintah harus terus meningkatkan sektor ekonomi dengan menggali potensi wisata daerah,” katanya.

Sebagai provinsi baru, Papua Selatan masih mempunyai banyak pekerjaan rumah yang harus segera dilakukan. Untuk itu, pemerintah akan terus mengawal langkah-langkah konsolidasi pembangunan.

Diketahui, pemerintah sudah meluncurkan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) Tahun 2022-2041 dengan tiga misi utama, yaitu Papua Sehat, Papua Cerdas dan Papua Produktif.

“RIPPP ini akan menjadi pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan dalam mendesain program prioritas pembangunan Papua,” ucapnya.

Topik Menarik