Cerita Gua Safarwadi di Tasikmalaya yang Viral, Konon Kabarnya dapat Tembus hingga ke Makkah

Cerita Gua Safarwadi di Tasikmalaya yang Viral, Konon Kabarnya dapat Tembus hingga ke Makkah

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Minggu, 2 Juni 2024 - 15:01
share

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id - Gua Safarwadi sempat viral di media sosial karena dipadati oleh masyarakat yang berkumpul sambil melantunkan doa. Gua ini terletak di Desa Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Konon kabarnya, gua ini diklaim bisa membawa seseorang tembus hingga ke Kota Makkah, Arab Saudi. Benarkah?

Video yang diunggah oleh akun TikTok @sopian_sq telah menjadi viral, memperlihatkan sejumlah pria berpakaian muslim lengkap dengan peci hitam, serta wanita berhijab, memadati Gua Safarwadi.

Tampak sekelompok orang yang beramai-ramai melantunkan doa, dipimpin oleh seseorang yang berdiri tepat di depan sebuah lorong kecil yang konon katanya bisa membawa mereka ke kota suci Makkah.

"Lorong kecil yang bisa tembus ke Makkah di Gua Safarwadi (Pamijahan)," tulis @sopian_sq dalam keterangan unggahan videonya di TikTok.

Menurut laman Nahdlatul Ulama (NU), Gua Safarwadi ini adalah tempat di mana Syekh H Abdul Qadir Djaelani mendapat ilmu agama dari gurunya, Imam Sanusi. Hal ini menjadikan Gua Safarwadi sebagai situs yang penting dan bersejarah bagi umat Islam.

Gua Safarwadi, yang juga dikenal sebagai Gua Pamijahan, terletak di kaki gunung yang terkenal sekarang dengan sebutan 'Gunung Mujarod'. Nama Gunung Mujarod sendiri memiliki arti 'tempat penenangan' atau 'tempat nyirnakeun manah' dalam bahasa Sunda, yang berarti tempat untuk menenangkan hati. Penamaan ini dikarenakan, di dalam gua di bawah gunung inilah, Syekh Abdul Muhyi sering beribadah dan mendekatkan diri (bertaqarrub) kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Syekh Abdul Muhyi sebelum menemukan gua tersebut pernah mencoba melaksanakan petunjuk dan perintah dari gurunya dengan menanam padi sebagai ciri adanya gua. Petunjuk dari gurunya tersebut adalah apabila setangkai biji padi ditanam kemudian hasilnya setangkai pula maka disitulah tempat yang dimaksud.

Gua Safarwadi atau Gua Pamijahan ini memiliki keunikan dibandingkan gua lainnya, yakni memiliki sumber mata air jernih, yang biasa disebut air zam-zam Pamijahan dan 'air kejayaan'.

Selain itu, terdapat peci haji, yang mana dipercayai apabila kepala para pendatang cukup dengan ukuran peci tersebut, maka diyakini orang tersebut akan ditakdirkan berangkat ke tanah suci Makkah. Tapi, tidak disebutkan dengan pasti apakah menuju ke tanah suci melalui gua tesebut atau tidak.

 

Keramaian di Gua Safarwadi juga diunggah oleh akun X (Twitter) @farizindallah yang menuai banyak tanggapan dari warganet. Banyak dari mereka menyayangkan masih ada saja orang yang mempercayai hal-hal tersebut di era modern seperti saat ini.


Gua Safarwadi. Foto: TripAdvisor/Khalid A
 

"Dan itu rame yg percaya lagi, ya Allah. Ada-ada aja," tulis @stya***

"Wah dulu pas kecil pernah ke sini di ajak bapak, di sana juga ada semacam cekungan di langit-langit goa yg menyerupai peci, ada beberapa cekungan, nah ntr di cobain tuh satu” sama jamaah klo yg ukuran nya pas sama kepala berarti bisa naik haji mitos nya," ujar @McD***

"Ajaran2 makam keramat, ziarah qubur para wali dan orang2 soleh yg membuat rakyat tetap miskin karena minim ikhtiar, dan mengandalkan karomah tempat2 yg dikunjungi," ucap @Sutis***

"Mereka pasti lebih percaya kalo ke pantai tdk boleh memakai baju hijau biar gak diseret nyi roro kidul drpd tdk boleh pakai baju hijau karena utk mitigasi kecelakaan (krn senada dg air laut sehingga bakal susah dideteksi apabila tenggelam)," cetus @mike***.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul "Mengenal Gua Safarwadi yang Viral, Konon Bisa Tembus Sampai ke Makkah"

Topik Menarik