Anies Bagi Pengalaman Bangun Kampung Susun di Jakarta saat Memimpin DKI

Anies Bagi Pengalaman Bangun Kampung Susun di Jakarta saat Memimpin DKI

Terkini | okezone | Minggu, 2 Juni 2024 - 04:14
share

JAKARTA - Anies Baswedan berbagi pengalaman membangun beberapa kampung susun saat masih menjabat gubernur DKI Jakarta 2017-2022. Menurutnya pembangunan kampung susun terwujud dengan pendekatan kolaborasi.

Hal itu disampaikan Anies dalam diskusi tentang Kampung Susun dan Masa Depan Kampung Jakarta di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta. Ia menukilkannya lewat Instagramnya.

"Mampir ke TIM untuk lihat pameran Teras Pengetahuan Kota, memperingati ulang tahun ke-14 Rujak Center for Urban Studies (Rujak CUS). Kebetulan ada diskusi soal Kampung Susun dan Masa Depan Kampung Jakarta, ikut menyimak dan berbagi pengalaman," kata Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan dikutip, Minggu (2/6/2024).

 BACA JUGA:

Semasa jadi gubernur Jakarta, Anies membangun beberapa kampung susun di antaranya Kampung Susun Akuarium, Kampung Susun Kunir, Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, dan Kampung Susun Bayam.

"Kampung Susun di Jakarta bisa terwujud karena pendekatan kolaborasi, ada beberapa unsur penting: warga yang tinggal di sana, pakar yang memiliki rujukan dan data komparatif, pemegang otoritas (pemerintah/negara), dan fasilitator yang memfasilitasi 3 unsur di atas, Rujak CUS adalah salah satunya," tambahnya.

 BACA JUGA:

Anies mengucapkan terima kasih kepada Rujak CUS dan warga kampung yang sudah bersama menata Kota Jakarta lebih adil dan lestari.

"Terima kasih teman-teman Rujak CUS, dan warga kampung yang sudah bersama-sama menata kota Jakarta yang lebih adil dan lestari. Semoga kampung-kampung kota di Jakarta yang telah bertransformasi akan jadi makin lestari dan jadi inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia maupun dunia," ungkapnya.

Topik Menarik