Siswa Panik Ketakutan, Monyet Liar Masuk Ruang Kelas, Begini Kronologinya

Siswa Panik Ketakutan, Monyet Liar Masuk Ruang Kelas, Begini Kronologinya

Terkini | gresik.inews.id | Kamis, 30 Mei 2024 - 01:00
share

iNewsGresik.id - Ketenangan aktivitas belajar mengajar mengajar di MI Wali Songo, Desa Belahanrejo, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik mendadak pecah. 

Puluhan siswa dan guru lari tunggang-langgang menyelamatkan diri ke luar kelas. Bahkan, sebagian siswa menangis ketakutan, setelah seekor monyet liar tiba-tiba masuk ke dalam ruang kelas. 

Antisipasi jatuhnya korban, sejumlah guru langsung meminta bantuan petugas Damkarla kabupaten Gresik. "Kami sangat cemas. Khawatir monyet liar menyerang siswa," ujar Kepala Sekolah MI Wali Songo, Ulfa, Rabu (28/11/2025).

Ulfa mengungkapkan monyet liar terebut, tiba tiba berlarian di halaman sekolah, sekitar pukul 06.30 WIB. Saat itu, aktivitas belajar mengajar baru saja di mulai. 

"Kami langsung meminta bantuan Damkarla Gresik agar tidak jatuh korban," ungkapnya.

Kepala DPKP Gresik, Suyono mengatakan, menerjunkan sebanyak 10 petugas Damkar Gresik dari Posko Driyorejo mendatangi lokasi kejadian. Petugas sempat kesulitan mengevakusi, karena monyet berlarian naik atap sekolah.

"Petugas dan warga akhirnya bergotong-royong memasang jaring untuk meminimalisir monyet kabur," tegasnya.

Setelah berjuang selama hampir 3 jam, lanjutnya, petugas Damkarla dan warga akhirnya berhasil menjinakkan dan mengevakuasi monyet liar.

“Monyet akhirnya berhasil ditangkap sekitar pukul 09.15 WIB dan langsung diserahkan ke ke BKSDA Jatim,” jelas Suyono. 

Sebelumnya, seekor monyet liar yang sama, berkeliaran dan masuk ke ruang sekolah di MI Wali Songo, Kecamatan Kedamean, kabupaten Gresik, Selasa (28/5/2024). 

Monyet liar tersebut menggegerkan para murid yang saat itu akan melakukan belajar mengajar di ruang kelas.

Dalam proses evakuasi atau rescue, petugas sempat kesulitan karena monyet terus bergerak dan berusaha menyerang petugas evakuasi.

“Saat petugas berusaha menangkap kembali monyet liar tersebut, monyet berusaha kabur menaiki jendela dan kabur lewat angin angin di atas jendela,” ucap Suyono. 

Usai kabur dari jendela kelas, monyet liar kabur menaiki atap perumahan warga, dan petugas terus melakukan pencarian pada monyet liar tersebut agar tidak membahayakan warga.

“Dalam pencarian tersebut, petugas melihat bahwa monyet liar tersebut lari ke bambu- bambu dan bersembunyi,” terangnya.

Setelah dilakukan proses pencarian oleh petugas, monyet kabur ke lahan bambu-bambu yang menyusahkan petugas dalam proses pencarian monyet liar tersebut.

“Akhirnya petugas balik kanan dan selanjutnya memberikan sosialisasi bahwasanya jika monyet liar tersebut muncul kembali untuk segera melapor,” tambahnya.

Topik Menarik