Profil dan Biodata Bilal Indrajaya Musisi Berbakat yang Multi Talenta

Profil dan Biodata Bilal Indrajaya Musisi Berbakat yang Multi Talenta

Terkini | sukabumi.inews.id | Rabu, 29 Mei 2024 - 18:40
share

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - Bilal Indrajaya adalah seorang penyanyi dan penulis lagu.
Bilal memulai karier musik profesionalnya dengan merilis lagu berjudul Biarlah pada tahun 2018. Ia masuk nominasi Kolaborasi Alternatif Terbaik di Anugerah Musik Indonesia 2021 bersama Reality Club untuk lagu I Wish I Was Your Joke dan telah merilis album mini bertajuk Purnama pada tahun 2019.

Profil dan Biodata Bilal Indrajaya

Bilal lahir di Jakarta pada 19 Desember 1995. Ia tertarik dengan musik sejak usia muda dan mengidolakan The Beatles dan Dewa 19.

Bilal bersekolah di SMA Plus Pembangunan Jaya, kemudian melanjutkan studi di jurusan psikologi di Universitas Bina Nusantara (Binus).

Sambil berkuliah, ia bekerja sebagai staf sumber daya manusia di sebuah perusahaan hingga lulus pada tahun 2017. Dalam rutinitas pekerjaan kantornya yang menurutnya membosankan, ia tergabung dalam grup musik rok RHYM bersama teman-temannya. Grup ini sering tampil dalam acara-acara musik di Jakarta dan sekitarnya.

Dikutip dari Wikipedia, karier musik awal Bilal dimulai dengan grup musik rok kuartet "RHYM" yang terdiri dari Irza Nirwansyah sebagai vokalis, Dindra Rahmadwiputra sebagai pemain drum, Rahmadi Yuki sebagai pemain gitar bas, dan Bilal sendiri sebagai gitaris. Bersama mereka, Bilal berhasil melahirkan beberapa singel seperti "Anthem of the Delusional Throne" (2015), "Stranger's Tide" (2016), "Lord" (2018), dan "Escapee Eye" (2020), serta album mini bertajuk "Stranger" (2016).

Ia memulai karier sebagai penyanyi solo saat memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai staf sumber daya manusia (HR). Ia kemudian bergabung dengan NET. Talent Management, sebuah perusahaan manajemen artis milik Indika Group. Bilal merilis beberapa singel seperti "Biar," sebuah lagu yang ia ciptakan pada tahun 2015 namun baru dirilis pada tahun 2018.

Singel lainnya antara lain Ruang Kecil (2019), Yang Tercinta (2020) bersama Romantic Echoes dan Noh Salleh, Niscaya (2021) yang diproduksi bersama Laleilmanino, Lukewarm (2022) bersama Jordie Yose, dan Saujana (2022) yang bernuansa musik 1980-an. Bilal merilis album mini pertamanya yang berjudul Purnama pada tahun 2019. Album mini ini berisi 6 lagu termasuk Irma dan Lagu Cinta Untuk Dunia yang berkolaborasi dengan Vira Talisa.

Bilal juga berkolaborasi dengan Fleur!, grup musik trio wanita, untuk mendaur ulang lagu karya Ismail Marzuki berjudul Juwita Malam, yang video klipnya juga dibintangi oleh Pritt Timothy, Bagus Ade, dan Jeanneta Sanfadelia. Lagu I Wish I Was Your Joke, hasil kolaborasi Bilal dengan grup musik Reality Club pada tahun 2021, masuk nominasi Kolaborasi Alternatif Terbaik di Anugerah Musik Indonesia 2021.

Selain itu, Bilal juga terlibat dalam kolaborasi lagu He's Got Me Singing Again dan Lagu Cinta Untuk Dunia bersama Vira Talisa, menjadi pengisi vokal dalam album mini Mevrouw milik Sore, menciptakan lagu Ibu Untuk Bumi untuk musik latar film Aum!, dan berkolaborasi dengan Isyana Sarasvati dan Baskara Putra dalam proyek musik Hindia mereka pada lagu Alunan Temu pada tahun 2022.

Topik Menarik