Singapura Rilis Superkomputer Canggih Berbasis AI, Bisa Bantu Pengembangan Ilmu Kesehatan hingga Lacak Perubahan Iklim

Singapura Rilis Superkomputer Canggih Berbasis AI, Bisa Bantu Pengembangan Ilmu Kesehatan hingga Lacak Perubahan Iklim

Teknologi | okezone | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 14:23
share

JAKARTA - Singapura baru saja merilis superkomputer canggih yang dibekali dengan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Kehadirannya ditujukan untuk membantu para peneliti mengembangkan ilmu kesehatan hingga perubahan iklim.

Superkomputer dengan nama Aspire 2A+, superkomputer ini dirancang oleh National Supercomputing Centre (NSCC) Singapura dengan ditenagai oleh NVIDIA DGX SuperPOD. Kepala eksekutif di NSCC Singapura, Terence Hung, menyebut Aspire 2A+ menjadi lompatan dalam kekuatan superkomputer Singapura.

Bertempat di pusat data NSCC Singapore di National University of Singapore (NUS), mesin petascale ini disebut memungkinkan pengembangan model AI yang disesuaikan dengan kebutuhan dan nilai-nilai unik negara, seperti model bahasa besar nasional (LLM) yang dibuat sendiri dan dilatih dengan data bahasa lokal.

ASPIRE 2A+ DGX SuperPOD juga akan digunakan untuk mempercepat terobosan dari simulasi yang rumit hingga penemuan berbasis data di berbagai bidang ilmiah seperti ilmu material, biomedis, dan perawatan kesehatan.

"Visi kami adalah untuk mentransformasi penelitian dan kemampuan dengan membekali para ilmuwan dengan teknologi komputasi yang dipercepat dari NVIDIA, dan membekali para peneliti dengan kemampuan yang mereka perlukan untuk mengatasi tantangan global dan mendorong inovasi," kata Terence Hung, Sabtu (26/10/2024).

Direktur Senior platform DGX NVIDIA, Tony Paikeday mengatakan bahwa superkomputer AI ini juga dapat membantu Singapura mengembangkan model-model AI, menjaga kedaulatan data dan mendorong inovasi di bidang-bidang penting seperti komputasi kuantum, penemuan obat, dan penelitian iklim.

 

Hal ini juga mendorong ekosistem AI yang berkembang pesat, menarik talenta-talenta global dan memperkuat kepemimpinan Singapura dalam bidang AI dan komputasi berkinerja tinggi.

Dengan platform perangkat lunak NVIDIA AI Enterprise yang didukung oleh sistem NVIDIA DGX, para peneliti NSCC dapat mengembangkan dan menggunakan aplikasi AI produksi.

"Mendukung Strategi AI Nasional 2.0 dan pertumbuhan ekonomi Singapura, ASPIRE 2A+ DGX SuperPOD akan digunakan untuk mempercepat terobosan di berbagai bidang - mulai dari simulasi yang rumit hingga penemuan berbasis data,"jelasnya.

Topik Menarik