Google Perkenalkan Fitur Pemutar Video Baru, Penyegaran Tampilan

Google Perkenalkan Fitur Pemutar Video Baru, Penyegaran Tampilan

Teknologi | okezone | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 11:50
share

JAKARTA - Google meluncurkan fitur baru untuk layanan penyimpanan cloudnya, Google Drive, termasuk pemutar video yang diperbarui dan penyegaran antarmuka. Pembaruan ini terjadi setelah Google meluncurkan pelaporan inventaris di Google Drive secara global pada awal bulan ini.

Layanan ini hadir dengan tampilannya baru yang sejalan dengan sistem Material Design 3 dari perusahaan teknologi yang berbasis di Mountain View, California, Amerika Serikat (AS) Itu. Tampilan baru ini memperkenalkan tombol khusus untuk memajukan dan memundurkan media dengan cepat, sementara opsi penyesuaian kecepatan pemutaran juga mendapat peningkatan.

Dilasnir Gadgets 360, pemutar media baru di Google Drive, yang diperkenalkan dalam postingan blog Google, menampilkan tata letak baru dengan tampilan yang lebih modern. Pengguna kini dapat mempercepat atau memundurkan video dengan interval 15 detik berkat tombol khusus baru yang muncul di samping opsi putar/jeda. Selain itu, kecepatan pemutaran dan teks dapat diubah tanpa harus mempelajari pengaturan pemutar media.

Menurut perusahaan, fitur ini diperkenalkan untuk memberikan pengalaman online dengan Google Vids – editor mendatang yang memanfaatkan model bahasa besar Gemini (LLMO) untuk pembuatan video.

Pemutar video baru di Google Drive sedang dalam tahap peluncuran yang diperpanjang untuk akun dengan domain Rapid Release dan Google mengatakan diperlukan waktu hingga 15 hari agar fitur tersebut dapat dilihat oleh semua pengguna.

 

Sementara itu, akun domain Scheduled Release atau Rilis Terjadwal akan mendapatkannya mulai 18 November, dengan visibilitas yang diharapkan hingga tiga hari setelah peluncurannya. Layanan ini tersedia untuk semua pelanggan Google Workspace, Pelanggan Workspace Individual, dan pengguna dengan akun Google pribadi.

Selain pemutar video yang diperbarui, Google baru-baru ini memperkenalkan tampilan Kalender yang diperbarui. Ini menghadirkan tombol, dialog, dan sidebar yang lebih modern. Selain itu, ada juga peningkatan tipografi antarmuka yang menggunakan tipografi Google yang dirancang khusus. Pengguna kini dapat memilih antara mode terang, mode gelap, atau opsi tema default perangkat.

Perubahan tersebut dikatakan berlaku di seluruh pengalaman web Google Kalender, termasuk tampilan daftar tugas.

Topik Menarik