Urgensi Tambahan Waktu Penerbangan 50 Menit untuk Selamatkan Bumi

Urgensi Tambahan Waktu Penerbangan 50 Menit untuk Selamatkan Bumi

Teknologi | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 21:04
share

Para peneliti menekankan bahwa memperpanjang waktu 50 menit penerbangan dan terbang lebih lambat akan mengurangi pembakaran bahan bakar.

BACA JUGA - Bumi Sekarat, Jutaan Spesies Hadapi Bencana Kepunahan

Para ilmuwan telah menemukan ide baru untuk mengurangi jejak karbon industri penerbangan. Sebuah studi baru mengatakan bahwa terbang lebih lambat dan menambah waktu penerbangan dapat mengurangi emisi.

Meskipun industri saat ini memiliki target untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050, hal itu tampaknya tidak mungkin dilakukan saat ini, kata para peneliti.

Namun, dengan metode baru, pengurangan pembakaran bahan bakar sebesar 50 persen dapat dicapai pada tahun yang sama.

Analisis penerbangan dilakukan oleh Universitas Cambridge yang mencantumkan serangkaian tujuan berkelanjutan yang dapat dicoba oleh industri untuk mengurangi dampaknya terhadap perubahan iklim.

Menurut penelitian tersebut, penerbangan saat ini berkontribusi sekitar empat persen terhadap peningkatan laju pemanasan global. Penelitian tersebut menambahkan bahwa 2,5 persen dari jumlah tersebut hanya berasal dari emisi CO2 global.

Para peneliti menekankan bahwa memperpanjang waktu terbang dan terbang lebih lambat akan mengurangi pembakaran bahan bakar. Mereka menyarankan untuk mengurangi kecepatan terbang sekitar 15 persen untuk mengurangi pembakaran bahan bakar hingga lima hingga tujuh persen.

Namun, penumpang harus menanggung beban dalam kasus ini karena metode ini akan menambah waktu tempuh setidaknya 50 menit. Mengingat pesawat terbang seharusnya menjadi moda transportasi yang lebih cepat, orang mungkin tidak terlalu bersemangat menerima perubahan tersebut.

Penulis studi telah menawarkan jalan keluar. Mereka mengatakan bahwa kunci untuk mengelola waktu adalah organisasi bandara yang lebih baik, yang mana waktu tunggu dapat dikurangi. Lebih jauh, untuk menambah waktu penerbangan, pesawat mungkin harus dirancang untuk terbang dengan kecepatan lebih rendah.

Namun, penerapan semua ini memerlukan perubahan di seluruh sistem. Selain itu, produktivitas mungkin terganggu dan penumpang cenderung ragu untuk memesan penerbangan yang lebih lama.

Laporan tersebut akan dipresentasikan kepada para pemimpin industri minggu ini di New York City.

“Penerbangan berada pada momen yang krusial, seperti halnya industri otomotif di akhir tahun 2000-an,” kata Profesor Rob Miller, direktur Laboratorium Whittle universitas tersebut, dalam pengumuman tersebut.

“Saat itu, diskusi berpusat di sekitar biofuel sebagai pengganti bensin dan solar hingga Tesla merevolusi masa depan dengan kendaraan listrik," tambahnya.

Ia menambahkan bahwa langkah berani tersebut memerlukan "perubahan proses sistem secara menyeluruh", sehingga penerapannya belum terjadi.

Topik Menarik