Astronot Deteksi Beragam Meteor yang Bakal Bombardir Bumi

Astronot Deteksi Beragam Meteor yang Bakal Bombardir Bumi

Teknologi | sindonews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 18:44
share

Para ilmuwan telah berhasil melacak lebih dari 70 persen meteorit yang menghantam Bumi.

BACA JUGA - Pekan Ini Puncak Hujan Meteor Leonid

Hampir 466 juta tahun yang lalu, segerombolan besar asteroid membombardir Bumi dengan dahsyat yang diyakini terjadi karena asteroid besar pecah menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil saat melintasi orbit antara Mars dan Jupiter.

Keluarga asteroid Massalia adalah sekelompok asteroid yang memiliki orbit serupa dan kemungkinan menjadi sumber jatuhnya asteroid besar ini.

Keluarga asteroid ini mendominasi sekitar 40 persen dari semua meteorit yang jatuh ke Bumi dan dua keluarga batuan ruang angkasa lainnya telah ditetapkan sebagai sumber dari banyak meteorit yang menuju Bumi ini.

Dalam penelitian baru, tiga keluarga asteroid dianggap bertanggung jawab atas lebih dari 70 persen meteorit. Ketiga keluarga ini adalah Karin, Koronis, dan Massalia. Ketiganya terbentuk karena tabrakan di sabuk asteroid utama.

Keluarga-keluarga ini terbentuk masing-masing 5,8 juta tahun lalu, 7,5 juta tahun lalu, dan 40 juta tahun lalu.

"Peristiwa tabrakan terbaru yang terjadi di sabuk asteroid benar-benar mendominasi aliran material ke planet kita," kata Michael Marsset, penulis utama dan peneliti di European Southern Observatory, saat berbicara dengan Gizmodo.

"Anda mungkin berpikir bahwa aliran meteorit merupakan campuran dari semua kelas komposisi yang kita amati di sabuk asteroid, tetapi itu sama sekali tidak terjadi. Aliran tersebut didominasi oleh tiga asteroid yang baru saja terfragmentasi," tambahnya.

Peneliti mengisyaratkan kaskade tabrakan di dalam keluarga asteroid masih aktif

"Tabrakan besar seperti itu tidak terjadi setiap hari setiap 30 hingga 50 juta tahun kedengarannya frekuensinya tepat, meskipun ada tiga tabrakan besar selama sekitar 8 juta tahun terakhir," kata Pierre Vernazza, seorang peneliti di Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis saat berbicara dengan Gizmodo.

"Kaskade tumbukan di dalam keluarga-keluarga ini masih aktif. Itulah sebabnya mereka mendominasi produksi meteorit ini," kata Marsset.

“Meteorit tersebut telah menyimpan banyak informasi tentang cakram protoplanet awal kita dalam komposisi masa kini,” jelas Marsset.

"Dengan menghubungkan meteorit yang dapat kita pelajari secara mendetail di laboratorium kita dengan keluarga tertentu di sabuk asteroid, kita dapat merekonstruksi gradien komposisi dan gradien termal asli cakram protoplanet kita. Ini pada akhirnya adalah tujuan dari jenis studi ini. Inilah yang ingin kita pelajari," tambahnya.

Topik Menarik