OPPO Belum Berencana Kembangkan Ponsel Lipat Tiga, Ini Alasannya

OPPO Belum Berencana Kembangkan Ponsel Lipat Tiga, Ini Alasannya

Teknologi | okezone | Senin, 30 September 2024 - 11:58
share

HUAWEI baru-baru ini meluncurkan ponsel pintar lipat tiga pertama di dunia Huawei Mate XT Ultimate, yang mendapat perhatian dan sambutan besar. Beberapa brand ponsel pintar lainnya juga dilaporkan tengah mengembangkan perangkat lipat tiga serupa, seperti Xiaomi dan Tecno.  

Pabrikan China lainnya, OPPO sebelumnya telah membagikan konsep ponsel lipat tiganya sendiri, namun tampaknya perangkat tersebut tidak akan muncul dalam waktu dekat. Hal ini dikonfirmasi oleh Presiden OPPO China, Liu Bo.

Dilansir Gizmochina, Liu Bo mengungkapkan bahwa OPPO melihat ponsel lipat tiga lebih sebagai ajang pamer teknologi ketimbang produk pasar massal

Pada rapat komunikasi toko utama OPPO, perusahaan itu menjelaskan bahwa meski bentuk ponsel lipat tiga telah menjadi bagian dari penelitian mereka di masa lalu, tetapi mereka tidak melihat permintaan pasar yang cukup untuk perangkat semacam itu saat ini.

Liu Bo menekankan bahwa strategi inti OPPO adalah berfokus pada pembuatan ponsel dan periferal utama yang berkualitas. Ia yakin masih ada ruang untuk perbaikan dalam kategori produk mereka yang sudah ada dan ingin memprioritaskan peningkatan area tersebut sebelum mengeksplorasi bentuk ponsel lipat tiga yang baru.

Meskipun perangkat lipat tiga inovatif Huawei telah menarik perhatian, harganya cukup mahal, bahkan dilaporkan melebihi USD10.000, dan hanya tersedia di China untuk saat ini. Desain ponsel lipat tiga saat ini tampaknya lebih merupakan ajang pamer teknologi ketimbang produk pasar massal. Ini mungkin salah satu alasan OPPO memilih untuk menunggu sementara perusahaan lain bereksperimen dengan format baru ini.

 

Xiaomi, di sisi lain, dikabarkan akan meluncurkan perangkat lipat tiga miliknya sendiri pada 2025. Model lipat tiga Xiaomi telah terlihat di basis data IMEI, yang dijadwalkan untuk dirilis pada 2026.

Laporan menunjukkan bahwa Xiaomi sedang mengerjakan tiga desain lipat tiga yang berbeda, yang mungkin menggabungkan mekanisme pelipatan yang unik. Selain itu, model tahun 2025 dikatakan tanpa tombol, yang berpotensi menjadikannya salah satu ponsel pintar pertama di industri yang menghilangkan tombol fisik sepenuhnya.

Untuk saat ini, OPPO masih berfokus pada lini ponsel pintar andalannya untuk tahun 2024. OPPO seri Find X8 akan diluncurkan pada 21 Oktober mendatang.

Topik Menarik