Google Play Store Dilaporkan Kembangkan Fitur Buka Aplikasi Secara Otomatis

Google Play Store Dilaporkan Kembangkan Fitur Buka Aplikasi Secara Otomatis

Teknologi | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 18:05
share

JAKARTA - Google Play Store diduga tengah mengembangkan fitur baru yang meningkatkan pengalaman penginstalan aplikasi, menurut sebuah laporan. Fitur yang dijuluki 'buka otomatis' itu disebut-sebut akan membuka aplikasi secara otomatis di ponsel pintar Android begitu diinstal dari Play Store, sehingga tidak perlu lagi mencarinya secara manual.

Dilansir Gadgets 360, fitur yang dilaporkan ini dibangun berdasarkan perubahan terbaru yang diperkenalkan oleh platform tersebut yang memungkinkan hingga tiga unduhan atau pembaruan aplikasi secara bersamaan.

Dalam sebuah laporan, Android Authority, bekerja sama dengan pemberi informasi rahasia Assemble Debug, mengungkapkan informasi tentang fitur yang dimaksud, yang menunjukkan bahwa fitur tersebut mungkin akan segera diumumkan secara resmi.

Fitur tersebut pertama kali dilaporkan sedang dalam pengujian pada rilis Google Play Store sebelumnya pada Juni. Penemuan terbaru ini dilaporkan terjadi setelah pembongkaran APK aplikasi Google Play Store versi 42.5.15. Fitur tersebut belum tersedia untuk masyarakat umum.

Sebuah video yang dipublikasikan oleh media tersebut menunjukkan penghitung waktu mundur selama 5 detik muncul di laci notifikasi sebelum aplikasi terbuka secara otomatis. Fitur tersebut dikatakan dipicu melalui opsi Buka secara otomatis setelah pemasangan yang muncul di bawah opsi Pemasangan di Google Play Store.

 

Setelah pengunduhan dan pemasangan aplikasi selesai, fitur tersebut secara otomatis memicu tindakan pembukaan. Karena ada tombol alih, pengguna juga memiliki opsi untuk menonaktifkannya. Laporan tersebut lebih lanjut mengklaim bahwa fitur tersebut dapat segera diluncurkan untuk semua pengguna ponsel pintar Android.

Menurut sebuah laporan, Google Play Store kini memungkinkan pengguna mengunduh hingga tiga aplikasi atau pembaruan aplikasi di ponsel pintar Android secara bersamaan, sehingga mempercepat seluruh proses. Fitur ini dibangun berdasarkan fungsionalitas yang diperkenalkan Google pada April, yang memungkinkan hingga dua unduhan bersamaan.

Topik Menarik