Kendaraan Lapis Baja China Beredar di Jalanan Rusia, Ini Spesifikasinya

Kendaraan Lapis Baja China Beredar di Jalanan Rusia, Ini Spesifikasinya

Teknologi | sindonews | Senin, 2 September 2024 - 07:40
share

Kendaraan taktis lapis baja buatan China banyak beredar di jalanan Moskow, Rusia. Hal ini menyusul situasi yang bergolak imbas perang dengan Ukraina.

"Moskow Metro terus mempersenjatai diri," tulis Avtobusy y Vobbechle, sebuah saluran Telegram berbahasa Rusia, seperti dilansir oleh Newsweek, Senin (2/9/2024).

Ibu kota Rusia memperketat langkah-langkah keamanan setelah protes terhadap invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina dan serangan teroris oleh Provinsi Islam Negara Khorasan pada 22 Maret menewaskan 145 orang di tempat musik Crocus City Hall.

Avtobusy y Vobbechle yang biasanya meliput transportasi umum, menulis bahwa mobil dengan tingkat militer tersebut telah dibeli oleh departemen keamanan yang bertanggung jawab atas sistem kereta bawah tanah. Unggahan tersebut menyertakan foto kendaraan taktis hitam yang dihiasi logo layanan kereta bawah tanah Moskow.

Baca Juga: Spesifikasi Type 99 A, Tank milik China Lapis Baja Tercanggih

Tsargrad, media pro-Kremlin, melaporkan bahwa kendaraan segala medan tersebut terdaftar sebagai peralatan khusus sipil dan memiliki jenis pelat nomor yang dikhususkan untuk traktor.

Militarnyi, media Ukraina, mengidentifikasi kendaraan lapis baja anti-terorisme tersebut sebagai Dongfeng EQ2091XFB. Kendaraan ini diproduksi oleh Dongfeng Special Vehicle Co., anak perusahaan dari Dongfeng Motor Corporation milik Tiongkok di provinsi Hubei. Harga kendaraan ini berkisar antara 130 dollar AS hingga 270 ribu dollar AS atau senilai Rp2 miliar-Rp 4,2 miliar,tergantung pada opsi spesifikasinya.

Militarnyi melaporkan bahwa unit dalam foto tersebut dilengkapi dengan menara lapis baja yang dapat memuat senapan mesin. Kendaraan seberat sembilan ton ini dapat menahan tembakan dari senapan serbu AK-47.

Newsweek menghubungi Dongfeng Special Vehicle Co. dan kementerian luar negeri Rusia serta Tiongkok untuk memberikan komentar melalui email. SUV buatan Tiongkok ini memperkuat armada keamanan Moskow setelah pembelian kendaraan lapis baja dari produsen dalam negeri awal musim panas ini, termasuk kendaraan Z-STS "Akhmat" dan RIDA "Buran."

Baca Juga: Ukraina Deteksi Kendaraan Lapis Baja Buatan China di Rusia, Ini Spesifikasi IMV Baoji Tiger

Pada April 2023, pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada Moskow atas operasi keamanan di seluruh sistem metro, bekerja sama dengan penjaga nasional—tanggung jawab yang sebelumnya dipegang oleh Kementerian Transportasi.

Sejak meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina pada Februari 2022, Rusia telah memperdalam kerja sama dengan China di bidang militer dan diplomatik. Ekonomi Rusia yang terisolasi juga semakin bergantung pada perdagangan dengan Beijing. Ekspor mobil China khususnya melonjak hingga 593 persen dari tahun ke tahun, menurut data resmi bea cukai.

Amerika Serikat dan sekutunya menuduh China mengekspor barang dan teknologi dual-use ke Rusia yang menguntungkan upaya perang Rusia di Ukraina, meskipun China telah membantah tuduhan tersebut.

Namun, perdagangan Beijing-Moskow tumbuh dengan kecepatan yang lebih lambat tahun ini di tengah ancaman sanksi sekunder AS, dengan pedagang Rusia mengeluh bahwa sebanyak 98 persen bank China kini menolak transaksi lintas batas dalam mata uang Yuan.

Topik Menarik