Jika Samsung Galaxy Ring Rusak, Apa Bisa Diperbaiki?

Jika Samsung Galaxy Ring Rusak, Apa Bisa Diperbaiki?

Teknologi | okezone | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 18:20
share

JAKARTA - Jika cincin pintar Samsung Galaxy Ring rusak, apakah bisa diperbaiki? Dari temuan iFixit, jika cincin tersebut rusak atau baterai tak berfungsi, tak ada cara memperbaikinya tanpa merusak seluruh perangkat cincin pintar yang dibanderol 399 dolar AS (Rp6,1 juta) tersebut. 

Hal itu sebagaimana menjadi kesimpulan iFixit saat membongkar Samsung Galaxy Ring, sebagaimana dilansir dari GSM Arena, Sabtu (24/8/2024). 

Samsung Galaxy Ring menjadi perangkat yang dirancang dengan teknologi tinggi dan material premium. Banyak komponen terintegrasi dalam cincin tersebut.

Tidak ada cara untuk mengganti baterai pada Galaxy Ring tanpa merusak seluruh perangkat dan komponen lainnya yang disolder. Membongkar Galaxy Ring melibatkan pencairan lapisan resin epoksi di bagian dalam dan mencungkilnya dengan alat.

iFixit membagikan pemindaian tomografi terkomputasi (CT) Galaxy Ring yang memberi tampilan terbaik dari bagian dalam perangkat tersebut.

Memasang banyak komponen di dalam rangka ramping Galaxy Ring adalah keajaiban teknik sejati, tetapi itu juga kekurangannya karena semuanya disegel dan dibuat sedemikian rupa sehingga tidak dapat melakukan perbaikan apa pun.

 

Hal yang menarik adalah kumparan pengisian pada Galaxy Ring tidak disolder ke papan sirkuit cetak (PCB) seperti pada cincin pintar lainnya dan sebaliknya memilih konektor tekan yang mudah diperbaiki. PCB disegel ke rangka Galaxy Ring sehingga tidak ada cara untuk mengganti komponen tanpa merusak cincin.

Diketahui, Galaxy Ring dilengkapi sistem Nordic Semiconductor nRF5340 pada chip yang menyediakan 2 core arm Cortex-M33 dengan RAM 512 KB, penyimpanan 1 MB, serta konektivitas Bluetooth 5.4. Selain itu, cincin ini memiliki kumparan pengisian nirkabel kecil dan baterai di sebelahnya serta tag NFC, serta antena untuk mentransfer sinyal antara cincin dan ponsel pintar yang dipasangkan.


 

Topik Menarik