Circle to Search Google di Samsung Galaxy Kini Bisa Kenali dan Identifikasi Musik yang Diputar

Circle to Search Google di Samsung Galaxy Kini Bisa Kenali dan Identifikasi Musik yang Diputar

Teknologi | okezone | Rabu, 21 Agustus 2024 - 16:05
share

CIRCLE to Search, fitur pencarian visual kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh Google, mungkin akan mendapatkan kemampuan pencarian musik baru. Menurut bocoran informasi yang beredar, ikon baru untuk pencarian musik terlihat dalam pengujian pada ponsel Samsung Galaxy S23 series.

Dilansir Gadget 360, fitur tersebut dikatakan dapat mendeteksi lagu yang diputar di layar dan menjalankan Google Search untuk lagu tersebut. Namun, tidak jelas apakah fitur tersebut saat ini tersedia untuk penguji beta atau apakah sedang diluncurkan secara luas.

Sebuah posting Reddit oleh pengguna u/SamsungAmateur mengungkap fitur baru yang terlihat di Circle to Search, yang memungkinkan pengguna mencari lagu yang diputar di layar. Sementara pengguna menemukannya di ponsel pintar seri Galaxy S23, tidak jelas apakah perangkat lain dan seri ponsel pintar Samsung lainnya juga akan mendapatkannya.

Dilaporkan GSM Arena, fitur ini tersedia di perangkat Samsung dengan Circle to Search dan versi 15.32.37.28 dari aplikasi Google (yang merupakan fitur yang mendukung Circle to Search). Namun, karena peluncuran dilakukan oleh Google, belum tentu semua perangkat Samsung dengan Circle to Search yang memiliki versi aplikasi Google tertentu akan mendapatkan fitur baru tersebut.

Dari beberapa tangkapan layar yang dibagikan pengguna tampaknya fitur ini menampilkan ikon baru di sebelah tombol tindakan mengambang Google Search. Ikon tersebut menampilkan not musik berwarna ungu, dan ikon tersebut ditempatkan di sebelah ikon terjemahan.

Pada tangkapan layar lainnya, tampak bahwa pengguna mengetuk tombol tersebut, dan teks muncul "Putar, nyanyikan, atau senandungkan sebuah lagu..." di layar. Dalam contoh tersebut, video musik di YouTube sedang diputar. Pada tangkapan layar berikutnya, tampak bahwa fitur tersebut mengidentifikasi artis dan nama lagu dengan benar dan menjalankan Google Search untuk itu.

 

Fitur tersebut meminta pengguna untuk memutar, menyanyikan, atau menyenandungkan lagu tersebut, menurut salah satu tangkapan layar. Karena Circle to Search adalah fitur pencarian visual, penambahan fitur bernyanyi atau menyenandungkan untuk mengidentifikasi sebuah lagu berarti penambahan fungsionalitas baru.

Saat ini, Google tampaknya meluncurkan fitur ini secara bertahap, jadi pemilik hanya perlu menunggu hingga pembaruan tiba. Belum ada kabar apakah ada rencana untuk memperluas pembaruan ke ponsel lain.

Ada kemungkinan lebih banyak pembaruan yang akan hadir di Circle to Search akhir tahun ini. Android Authority melaporkan bahwa berdasarkan berkas beta aplikasi Google baru-baru ini, Pixel Screenshot berpotensi menjadi bagian dari Circle to Search.

Pixel Screenshots adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menyimpan dan mengatur tangkapan layar yang Anda ambil di ponsel. Aplikasi ini mirip dengan Microsoft Recall, meskipun versinya lebih aman.

Topik Menarik