Ini Cara Mengetahui Siapa yang Menyadap WA Kita Serta Mengatasinya

Ini Cara Mengetahui Siapa yang Menyadap WA Kita Serta Mengatasinya

Teknologi | okezone | Kamis, 22 Agustus 2024 - 06:40
share

JAKARTA - Ini cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita serta mengatasinya. Sadap WA adalah salah satu cara seseorang untuk melakukan pencurian data. Hanya dengan bermodalkan nomor telepon, maka seseorang dapat dengan mudah mengetahui dan memanipulasi seisi Whatsapp target.

Untuk itu, berikut adalah cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita serta mengatasinya: 

1. Cek riwayat pesan

Saat membuka WhatsApp, pertama-tama Anda akan melihat daftar pesan. Tinjau daftar ini untuk melihat pesan apa pun yang tidak Anda kirim atau terima dari orang yang tidak Anda kenal.

2. Periksa kontak Anda untuk mencari teman baru

Tanda bahwa akun Anda mungkin telah diakses oleh orang lain adalah adanya teman baru yang ditambahkan ke daftar kontak tanpa disadari atau ketahui. Untuk itu membuka kontak  dan memeriksa siapa saja yang tidak Anda tambahkan atau yang tidak diketahui. Jika ada teman baru yang tidak Anda tambahkan sendiri, maka ada kemungkinan orang lain memiliki akses ke akun Whatsapp. 

3. Cek jejak browser

Cara berikutnya untuk mengetahui siapa yang menyadap WA kita adalah dengan memeriksa jejak browser. Caranya adalah sebagai berikut.

Lihat di bagian “Perangkat Tertaut” pada aplikasi Whatsapp. Jika ada perangkat mencurigakan, catat informasi seputar perangkat tersebut seperti nama dan jenis perangkat atau browser, lokasi, dan waktu terakhir aktif Setelah itu, lakukan analisis login browser untuk mengetahui siapa yang mungkin melakukan penyadapan tersebut

 

4. Cek aplikasi aneh

Modus lain agar seseorang bisa menyadap WA kita adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan yang mereka tambahkan ke ponsel. Untuk mengetahuinya, periksa daftar aplikasi yang terinstal pada ponsel kita. Apabila ada aplikasi yang aneh, maka bisa jadi itu adalah pertanda WA kita sedang disadap. Uninstall aplikasi tersebut untuk menyudahi penyadapan.

5. Cek email

Setiap Whatsapp pada umumnya dikaitkan dengan email yang biasa digunakan untuk mengirim kode verifikasi dan lainnya. Saat ada yang menyadap WA kita, maka akan ada email verifikasi atau pemulihan yang dikirimkan tanpa sepengetahuan kita.

Untuk mengatasinya, segera ganti password email secara berkala. Pastikan menggunakan password yang kuat dan sulit ditebak oleh orang lain.

Apabila terjadi penyadapan pada WA kita, langkah pertama adalah dengan memutus semua perangkat yang tertaut. Jika penyadapan masih berlanjut, lakukan pencopotan aplikasi Whatsapp, lalu install ulang aplikasi tersebut.

Jika tanda-tanda penyadapan masih terus terjadi, segera hubungi pihak Whatsapp untuk mendapat solusi yang lebih jitu.

Itulah cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita beserta cara mengatasinya.

Topik Menarik