Daftar Hewan yang Punya Banyak Mata, Ada yang sampai 10 Ribu Mata

Daftar Hewan yang Punya Banyak Mata, Ada yang sampai 10 Ribu Mata

Teknologi | sindonews | Sabtu, 3 Agustus 2024 - 16:06
share

Sebagian besar hewan memiliki dua mata seperti manusia. Ternyata terdapat beberapa hewan yang diberi keistimewaan memiliki lebih dari dua mata alias hewan yang punya banyak mata.

Keunikan hewan yang punya banyak mata terletak pada bentuk ataupun fungsinya. The Science Explorer melansir, Sabtu (3/8/2024) hewan yang punya banyak mata berikut ini :

1. Belangkas

Hewan laut satu ini punya nama lain kepiting ladam. Spesiesnya masih berkerabat dengan keluargaArachnida.Meskipun mirip dengan kepiting pada umumnya, belangkas sejatinya bukan kepiting. Habitatnya ada di hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Salah satu keunikannya terletak pada jumlah matanya yang mencapai 10 buah. Kesepuluh mata itu terdiri atas 2 mata majemuk plus 3 mata tambahan di bagian atas cangkangnya. Ada pula 2 mata di dekat mulut, 2 mata di bagian bawah tubuhnya, serta 1 mata di ekor.

Baca Juga: 5 Hewan dengan Mata Paling Unik di Dunia, Ada yang Seukuran Bola Sepak!

2. Bintang laut

Binatang laut berwarna merah muda ini sebenarnya juga punya mata. Jumlahnya ada lima yang terletak di setiap ujung lengannya. Fungsinya untuk mendeteksi pergerakan di sekitarnya.

3. Laba-laba raksasa

Jenis laba-laba satu ini berbeda karena punya enam mata. Saat diperhatikan sekilas, hanya nampak sepasang mata karena ukurannya relatif besar dibandingkan mata lainnya.

Penglihatan malam mereka bisa 100 kali lipat lebih baik dibandingkan manusia. Bukan karena ukuran mata mereka yang besar semata, melainkan juga adanya lapisan sel yang peka cahaya yang melapisinya. Selaput ini sangat peka cahaya sehingga hancur saat pagi menjelang dan baru muncul lagi ketika gelap tiba.

Baca Juga:6 Hewan dengan Mata Paling Cantik seperti Batu Permata

4. Capung

Serupa dengan berbagai jenis serangga lainnya, capung punya mata majemuk yang tersusun dari 30.000 ommatidia. Namun, mata capung lebih kompleks dibandingkan serangga lainnya.

Ukuran matanya cukup besar hingga hampir seukuran kepalanya. Selain itu, mata capung punya bidang pandang hingga 360 derajat. Fauna ini juga dibekali organocelliseperti milik bintang laut, sehingga mereka bisa mendeteksi pergerakan supercepat hingga sepersekian detik.

5. Bunglon

Memiliki mata terunik di antara binatang lainnya. Lantaran kelopak matanya membentuk sejenis lingkaran mengelilingi bola mata dan hanya menyisakan satu lubang seukuran jarum untuk melihat.

Sepasang mata bunglon juga unik karena masing-masing bisa bergerak dan mampu melihat dalam bidang pandang 360 derajat. Kemampuan ini membuat bunglon bisa melihat ke dua tempat berbeda sekaligus.

6. Udang Mantis

Udang ini punya mata berlapis karena terdapat mata di dalamnya. Mata udang ini tersusun dari mata yang lebih kecil atau disebut faset hingga jumlahnya mencapai 10.000 faset.

Berkat faset ini udang mantis dapat membedakan 100.000 warna yang berbeda. Padahal manusia hanya memiliki kemampuan membedakan dalam 1.000 warna.

Topik Menarik