Spesifikasi Jet Tempur Su-57 yang Gagal Tampil di Pameran Udara Moskow, Punya Kemampuan Siluman

Spesifikasi Jet Tempur Su-57 yang Gagal Tampil di Pameran Udara Moskow, Punya Kemampuan Siluman

Teknologi | sindonews | Rabu, 10 Juli 2024 - 08:29
share

Jet tempur Su-57 Rusia terpaksa menunda kembali penampilannya pada ajang pameran udara bertajuk Moscow Air Show atau biasa disebut MAKS. Dijadwalkan berlangsung pada Juli 2024 ini, agenda tersebut sekali lagi dibatalkan oleh pihak berwenang Rusia.

Sebagai informasi, MAKS ini merupakan ajang pameran udara bertaraf internasional. Acara tersebut menampilkan banyak persenjataan dari Angkatan Udara Rusia, termasuk deretan jet tempurnya yang mengagumkan.

Pembatalan tersebut menjadi kali kedua berturut-turut setelah sempat absen pada tahun lalu. Artinya Moskow harus kembali menjadwalkannya ulang setidaknya hingga 2025 mendatang.

Gagalnya pameran udara Moscow Air Show ini membuat banyak pihak kecewa. Pasalnya, mereka tidak bisa melihat penampilan persenjataan Angkatan Udara Rusia yang mumpuni, termasuk jet tempur Su-57.

Spesifikasi Jet Tempur Su-57

Su-57 menjadi salah satu jet tempur generasi baru milik Rusia. Punya kemampuan siluman, keberadaannya ditujukan sebagai pengganti MiG-29 dan Su-27 yang dirasa sudah menua.

Sukhoi Su-57 melakukan penerbangan perdana pada Oktober 2022. Jet tempur multi peran generasi kelima Rusia ini dirancang sebagai penghancur target strategis baik untuk serangan darat hingga udara.

Pada tenaganya, Su-57 membawakan mesin ganda dari Izdeliye 117 atau AL-41F1 augmented turbofans. Komponen tersebut membuatnya mampu mencatatkan kecepatan hingga Mach 2 tanpa afterburner dan jangkauan mencapai 3.500 km dengan kecepatan subsonik.

Berkaca pada statusnya sebagai generasi kelima, Su-57 punya banyak fitur canggih. Salah satu yang mencuri perhatian adalah bawaan teknologi siluman yang memungkinkannya menipu radar musuh.

Selain itu, jet tempur Rusia ini juga dilengkapi kontrol vektor dorong 3D yang memberinya kemampuan manuver lebih tinggi. Lalu, ada pula komponen suite komunikasi yang sudah dimodernisasi oleh Polyot Research and Production Enterprise.

Pada bagian senjata, Su-57 memiliki dua ruang senjata internal besar yang dipasang di antara mesin. Menurut laporan MilitaryToday, ada juga ruang samping yang digunakan untuk menyimpan rudal udara-ke-udara jarak pendek.

Bobot senjata yang mampu dibawa jet tempur ini mencapai 7.500 kg. Hal tersebut sudah termasuk 10 hardpoint internal dan 6 hardpoint eksternal untuk rudal udara-ke-udara R-74M (nama pelaporan Barat Archer) dan R-77M (Adder), rudal udara-ke-permukaan Kh-38M, rudal anti-kapal Kh-31AD dan Kh-35U (AS-20 Kayak), rudal anti-radiasi Kh-31PD, bom berpemandu KAB-250, dan lainnya.

Belum selesai. jet tempur ini juga dilengkapi dengan meriam laras tunggal kaliber 30 mm. Senjata tersebut memiliki laju tembakan 1.500 peluru per menit.

Demikianlah ulasan mengenai spesifikasi jet tempur Su-57 Rusia yang gagal tampil di pameranudaraMoskow.

Topik Menarik