Singapura Prediksi Hujan Deras dan Badai Akan Terjadi di Asia hingga Agustus

Singapura Prediksi Hujan Deras dan Badai Akan Terjadi di Asia hingga Agustus

Teknologi | sindonews | Minggu, 7 Juli 2024 - 09:45
share

Musim hujan tahunan di Asia Timur dan Asia Tenggara sedang berlangsung saat ini, dan akan terus berlanjut hingga bulan Agustus, membawa risiko banjir dan tanah longsor di wilayah tersebut.

''Badai di Sumatra juga dapat menyebabkan angin kencang dan curah hujan yang meluas pada beberapa pagi hari, meskipun total curah hujan pada paruh pertama bulan ini kemungkinan tidak akan melebihi tingkat rata-rata,'' kata Badan Meteorologi Singapura dalam peringatan cuaca dua mingguannya seperti dilansir dari SCMP, Minggu (7/7/2024).

Musim hujan dimulai pada bulan Mei di daratan Tiongkok timur, Taiwan, dan Prefektur Okinawa Jepang. Dampaknya secara bertahap menyebar ke utara dan timur, meliputi seluruh wilayah pada pertengahan Juni hingga setidaknya Agustus termasuk di Indonesia.

Hujan deras, banjir, dan tanah longsor dapat mengganggu bisnis, transportasi, dan layanan utilitas di seluruh Asia Timur. Banjir bandang dan tanah longsor bisa berbahaya, terutama di daerah perbukitan dan pegunungan. Sistem tropis seperti badai dapat memperburuk kondisi.

Banjir paling mungkin terjadi di daerah dataran rendah dekat aliran air di dataran banjir yang diketahui. Sungai-sungai seperti Yangtze, Yellow, dan Pearl di Tiongkok, Han dan Nakdong di Korea Selatan, dan Tone dan Kitakami di Jepang berisiko tinggi meluap. Tanah longsor mungkin terjadi di daerah pegunungan.

Banjir dan tanah longsor dapat membuat jalan, jembatan, dan jalur kereta api tidak dapat dilalui, mengganggu perjalanan darat. Banjir dapat menyebabkan gangguan bisnis lokal. Risiko penyakit yang ditularkan melalui air dan serangga meningkat karena genangan air.

Topik Menarik