Bagian Mars yang Hilang Ditemukan di Bumi, Arkeolog Ungkap Fakta Ini

Bagian Mars yang Hilang Ditemukan di Bumi, Arkeolog Ungkap Fakta Ini

Teknologi | sindonews | Minggu, 2 Juni 2024 - 09:41
share

Para ilmuwan telah memanfaatkan meteorit yang terlempar dari Planet Merah sekitar 11 juta tahun lalu dan mendarat di Bumi untuk mempelajari bagaimana vulkanisme membentuk kerak dan mantel Mars, serta mengidentifikasi keberadaan reservoir silikat yang mendukung pembentukannya.

Seperti dilansir dari Science Alert, penelitian ini terbilang cerdik kita mendapatkan informasi baru tentang struktur dan evolusi Mars tanpa perlu melakukan perjalanan jauh ke sana.

Meteorit Mars ternyata menjadi aset berharga untuk memahami sejarah planet ini, dan meteorit tersebut terkirim tepat di depan pintu rumah kita.

"Meteorit Mars adalah satu-satunya material fisik yang kita miliki dari Mars," kata ahli geologi James Day dari Scripps Oceanography Institute.

"Meteorit ini memungkinkan kita untuk melakukan pengukuran yang presisi dan akurat, dan kemudian mempelajari proses yang terjadi di dalam dan di dekat permukaan Mars. Meteorit ini memberikan informasi langsung tentang komposisi Mars, yang dapat mendasari sains misi kebenaran, seperti operasi penjelajah Perseverance yang sedang berlangsung di sana."

Penemuan ini menunjukkan potensi besar meteorit dalam mengungkap rahasia alam semesta. Dengan mempelajari bebatuan antariksa ini, kita dapat memperoleh pengetahuan yang tak ternilai tentang planet lain dan proses yang membentuknya.

Topik Menarik