Bebek Iblis Raksasa 'Giga-Goose' Pernah Berkeliaran di Australia

Bebek Iblis Raksasa 'Giga-Goose' Pernah Berkeliaran di Australia

Teknologi | sindonews | Selasa, 4 Juni 2024 - 06:06
share

Australia prasejarah pernah menjadi rumah bagi raksasa bersayap yang tidak bisa terbang. Salah satunya adalah "Bebek Iblis Doom" yang hidup sekitar 15 juta tahun lalu di wilayah yang sekarang menjadi Northern Territory.

BACA JUGA -4 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia

Seperti dilansir dari Science Alert, sekarang, kita perlu menyambut penghuni baru yang luar biasa, yang menurut para ilmuwan memiliki banyak kesamaan dengan angsa modern. Namun, anggap saja versi raksasanya.

Kita sudah lama mengenal Genyornis newtoni. Spesies yang punah sekitar 45.000 tahun lalu ini pertama kali dideskripsikan pada tahun 1913.

Mencapai ketinggian hingga 2,25 meter (7,4 kaki) dan berat hingga 230 kilogram (510 pon), Genyornis newtoni akan menjadi pemandangan yang menakjubkan di habitat padang rumput yang disukainya di sebagian besar benua Australia.

Namun, penemuan baru menunjukkan bahwa kita mungkin salah memahami burung ini.

Para ahli paleontologi telah menemukan tengkorak Genyornis newtoni yang hampir lengkap dan terartikulasi. Ini adalah tengkorak kedua yang pernah ditemukan untuk spesies ini. Yang pertama digunakan untuk deskripsi spesies tahun 1913, dan kondisinya sangat buruk.

Tengkorak Genyornis newtoni yang baru ditemukan dan hampir lengkap. (McInerney et al., Hist. Biol., 2024)

Jadi, untuk pertama kalinya, kita dapat melihat dengan jelas bagian dalam hewan ini - dan betapa luar biasa bagian dalamnya. Fosil tersebut mengungkapkan bahwa Genyornis akan sangat berbeda dari burung lain yang berkerabat dekat.

Ia memiliki otak yang besar, rahang yang kuat, dan tonjolan tulang berbentuk segitiga yang disebut hiasan kepala di tengkoraknya.

Faktanya, beberapa fitur tengkorak Genyornis newtoni lebih mirip dengan garis keturunan awal unggas air yang berbeda daripada kerabat terdekatnya.

Penemuan ini menunjukkan bahwa Genyornis newtoni mungkin merupakan evolusi yang unik, mengisi ceruk ekologis yang tidak biasa di antara fauna Australia.

Ini juga menunjukkan betapa beragamnya kehidupan di benua itu pada masa lampau, dan masih banyak hal yang belum kita ketahui.