Denmark soal Jet Tempur F-16 untuk Kiev: Hanya Boleh Dipakai dalam Wilayah Ukraina

Denmark soal Jet Tempur F-16 untuk Kiev: Hanya Boleh Dipakai dalam Wilayah Ukraina

Teknologi | BuddyKu | Senin, 21 Agustus 2023 - 18:03
share

KOPENHAGEN, iNews.id Denmark dan Belanda memastikan bakal memasok Ukraina dengan jet tempur F-16 untuk melawan Rusia. Akan tetapi, Kopenhagen mengingatkan, pesawat itu tidak boleh digunakan untuk tujuan ofensif.

Menteri Pertahanan Denmark, Jakob Ellemann-Jensen mengatakan, Kiev hanya dapat menggunakan pesawat tempur F-16 yang disumbangkan oleh Denmark dan Belanda di dalam wilayah Ukraina.

Denmark dan Belanda pada hari Minggu mengumumkan mereka akan memasok F-16 ke Ukraina, dengan enam unit pertama akan dikirim sekitar Tahun Baru.

Kami menyumbangkan senjata dengan syarat digunakan untuk mengusir musuh dari wilayah Ukraina. Dan tidak lebih dari itu, kata Ellemann-Jensen, Senin (21/8/2023), seperti dikutip kantor berita Ritzau .

Menurut dia, hal yang sama juga berlaku untuk berbagai senjata lain yang dipasok Denmark ke Ukraina. Itu syaratnya (tidak boleh keluar dari wilayah Ukraina), mau itu tank, pesawat tempur ataupun yang lainnya, ujarnya.

Denmark akan mengirimkan total 19 jet tempur F-16 ke Ukraina. Sementara Belanda diketahui memiliki 42 unit pesawat sejenis, namun belum memutuskan apakah semuanya akan disumbangkan ke Kiev.

Pada Minggu (20/8/2023) kemarin, Presiden Ukraina Volodomyr Zelensky mengatakan, pesawat-pesawat itu akan memperkuat pertahanan udara Ukraina dan membantu serangan balasannya terhadap pasukan Rusia.

Topik Menarik