Review Samsung Galaxy A34 5G, Flagship yang Ramah di Kantong

Review Samsung Galaxy A34 5G, Flagship yang Ramah di Kantong

Teknologi | BuddyKu | Rabu, 26 April 2023 - 16:59
share

Samsung Galaxy meluncurkan A34 5G beberapa waktu lalu. Peluncuran tersebut bersamaan dengan A54 5G. Dari sisi desain, sekilas hampir sama, namun dari sisi harga A34 5G lebih terjangkau ketimbang seri flagship Samsung.

Yang menarik, ukuran desainnya lebih besar dibanding pendahulunya, yakni A33. Bahkan dibandingkan saudaranya yang meluncur bersamaan, Galaxy A54 5G, ukurannya juga lebih besar. Padahal harga A54 lebih mahal.

Beberapa fitur lain yang membuatnya layak dibanderol sampai Rp5 jutaan, selain desainnya yang lebih besar adalah memiliki daya tahan terhadap air dan debu berkat sertifikat IP67, refresh rate 120Hz Super AMOLED, dan ada NFC. Lainnya? Simak review berikut:

Hasil Foto Samsung A34 5G di malam hari

Desain

Dari sisi desain bodi belakang memang mirip dengan Galaxy A23, terutama dari sisi penempatan kamera. Namun untuk materi bodi yang digunakan semua berbalut plastik. Ukurannya 6,6 inci, lebih besar dari A32 yang hanya 6,4 inci. Konsekuensinya, beratnya pun nambah.

Meski terbuat dari plastik, tidak terlihat sama sekali. Malah banyak yang menyangka jika bodi belakang A34 terbuat dari kaca saking miripnya. Namun permukaannya mengkilap kerap dipenuhi dengan jejak sidik jari, apalagi jika tangan berminyak. Namun begitu, bentuknya tetap solid walau ada bezel yang cukup tebal di setiap sisi ponsel.

Tombol on/off dan volume terdapat di sebelah kanan. Sedangkan speaker dan slot SIM terdapat di bagian atas. Oia, ukuran slot SIM memang kecil seolah hanya untuk 1 SIM card, namun bisa dual sim card. A34 5G menggunakan metode slot hybrid yang memungkinkan slot sim kedua bisa digunakan juga untuk kartu memori eksternal. Jadi anda bisa memilih, menggunakan slot kedua untuk SIM card kedua atau untuk kartu memori.

Sedangkan di bagian bawah ditempatkan enam lubang speaker untuk keluarnya suara, didampingi port USB Type-C. Pemindai sidik jari ada di bawah layar dengan teknologi optik yang cepat mengenali sidik jari, walau penempatannya agak sedikit rendah.

Layar

Selain bezel besar, Galaxy A34 5G memiliki layar Full HD+ AMOLED 6,6 inci yang luar biasa. Samsung telah meningkatkan kecepatan refresh hingga 120Hz untuk pengalaman pengguna yang lebih lancar. Meskipun tidak ada perbedaan besar antara 90Hz dan 120Hz, jadi dengan tetap menggunakan 90Hz akan membantu kinerja ponsel dan daya tahan baterainya lebih lama.

Sepertinya tidak ada refresh rate otomatis seperti di perangkat Samsung lain yang bisa berpindah otomatis dari 90Hz ke 120Hz sesuai dengan aplikasi yang digunakan. Tanpa refresh rate otomatis, jika kita sudah memilih 120Hz maka saat membuka aplikasi yang tak butuh kecepatan penyegaran layar seperti Whatsapp, maka layar tetap akan terkunci di 120Hz.

Kecerahan layar bisa mencapai 1.000 nits berkat fitur yang disebut Samsung Vision Booster (diperkenalkan tahun lalu dengan Galaxy S22) sehingga layar masih tetap bisa terlihat jelas di luar ruangan bahkan di bawah sinar matahari yang terik.

Jangan lupa jika A34 5G memiliki Corning\'s Gorilla Glass 5 yang dapat melindungi layar dari gesekan dengan benda tajam. Maksudnya, tidak mudah tergores saat dimasukkan ke dalam tas bersama kunci, peniti, atau pulpen.

Panel AMOLED merupakan jaminan dari kecerahan layar yang tidak diragukan lagi. Layarnya mampu menghadirkan warna-warna cerah hingga hitam pekat dan sudut pandang lebar. Seperti A54 5G, Galaxy A34 5G dapat mengurangi emisi cahaya biru hingga minimal 6,5% saat fitur filter cahaya biru atau Eye comfort shield diaktifkan.

Layar ini bisa menampilkan gambar resolusi Full HD+ atau 1080 x 2340 piksel. Layarnya yang besar juga bisa menghadirkan aspek rasio 19,5:9.

Hasil Foto Samsung A34 5G di malam hari

Performa

Salah satu hal yang membuat Galaxy A34 5G memiliki kemampuan layaknya ponsel flagship S Series, berkat peran besar sistem operasi One UI 5.1 yang berbasis Android 13. Kita akan mendapatkan UX yang sama dan juga sebagian besar fitur keren dari seri Galaxy S. Ini merupakan daya tarik tersendiri untuk perangkat kelas menengah.

Urusan prosesor, Samsung percaya dengan performa keren dari MediaTek Dimensity 1080, chip yang diklaim bisa diandalkan dengan lapisan 6nm dari CPU Octa-Core terdiri dari dua Cortex-A78 2,6GHz dan 6 Cortex A55 2.0 GHz. Ditambah GPU Mali G68 MC4. Semua komponen itu menghasilkan kinerja yang lebih cepat, baik saat pengguna bermain game, streaming, atau menjelajah. Kelebihan lainnya yakni penghematan daya yang lebih lama.

Intinya, performa A34 5G tidak terlalu jauh dari A54 5G yang dibekali Exynos 1380.

Seperti yang disebutkan di atas, MediaTek 1080 cukup berperan besar terhadap daya tahan baterai perangkat. Dengan baterai 5.000 mAh, dalam uji coba kami, jika dibiarkan aktif daya tahannya bisa sampai 5 hari, kemudian bisa dipakai menelepon selama 31 jam, web browsing selama 19 jam dan memutar video sampai 21,5 jam.

Kemampuan pengecasannya dibekali teknologi 25W. Memang tidak terlalu fast charger, tapi bisa mengecas sampai 20 persen dalam kurun 10 menit, dan bisa 50 persen hanya dalam waktu setengah jam saja. Pengecasan penuh bisa mencapai 1,5 jam lamanya.

Kamera

Seperti halnya kamera Samsung Galaxy yang lain, hasilnya tidak diragukan lagi. Galaxy A34 5G dibekali dengan kamera utama berukuran 48MP, kamera ultra-wide 8MP dan kamera makro 5MP. Ditambah dengan kamera depan untuk foto selfie dengan 13MP.

Sejatinya, resolusi 8MP tidak terlalu cukup untuk bisa menangkap gambar dengan mode ultra-wide. Apalagi saat malam hari, kita harus menggunakan mode malam, karena jika dengan kamera utama, hasilnya tidak akan terlalu baik.

Hasil Foto Samsung A34 5G selfie

Untuk urusan foto makro, entah kenapa hasilnya selalu tak sesuai harap jika menggunakan ponsel mid-range Samsung. Mungkin karena tidak ada autofocus dan resolusi yang cukup rendah. Apalagi saat malam hari, jangan coba-coba memotret menggunakan mode makro.

Jadi akan lebih baik jika memotret dengan menggunakan kamera utama yang beresolusi 48MP. Saat siang hari, hasilnya sangat jelas dan terang, bahkan untuk video dengan resolusi 4K 30 fps. Diusahakan untuk memotret atau merekam di luar terbuka karena cahaya matahari akan sangat membantu hasil rekaman/foto.

Jika memang merekam dengan kondisi outdoor yang mendung, bisa menyiasatinya dengan mode Malam. Di sini, noise bisa dikendalikan. Optical Image Stabilization-nya pun bisa membantu menghilangkan shake dan blur

Selain itu, fitur yang diusung Samsung Galaxy A34 yakni dukungan konektivitas 5G, USB Type-C, Bluetooth 5.3, speaker stereo berteknologi Dolby Atmos, NFC, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, fingerprint sensor, dual SIM hybrid, serta mendapat rating IP67 yang memiliki ketahanan air dan debu.

Topik Menarik