Raksasa Video Game Electronic Arts PHK 800 Karyawan

Raksasa Video Game Electronic Arts PHK 800 Karyawan

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 30 Maret 2023 - 10:41
share

WASHINGTON, iNews.id - Penerbit video game, Electronic Arts Inc (EA) akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 6 persen tenaga kerjanya atau sekitar 800 karyawannya dan mengurangi ruangan kantor. Hal ini menjadikan penerbit game besar pertama yang mengumumkan PHK.

Mengutip Reuters, EA yang memiliki sekitar 12.900 karyawan pada akhir Maret 2022 ini berencana menghemat biaya sekitar 170 juta dolar AS hingga 200 juta dolar AS terkait dengan restrukturisasi perusahaan.

Saat kami mendorong perusahaan pada fokus yang lebih besar di seluruh portofolio, kami mengurangi biaya-biaya yang tidak berkontribusi pada strategi kami dengan merestrukturisasi beberapa tim kami, ujar CEO Electronic Arts, Andrew Wilson dikutip, Kamis (30/3/2023).

Penerbit video game FIFA dan The Sims ini akan memberikan kesempatan bagi karyawan untuk bekerja di perusahaan lain. Namun, jika mereka tidak mendapatkannya, perusahaan juga akan memberikan pesangon dan sejumlah manfaat tambahan.

EA tengah berjuang untuk meningkatkan penjualan karena adanya penurunan pengeluaran pemain video game dalam menghadapi inflasi yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang melambat. Menurut perusahaan analitik Circana, pengeluaran masyarakat untuk video game di semua platform turun hingga 2 persen.

EA menurunkan perkiraan pemesanan tahunannya pada bulan Januari setelah menunda perilisan game berdasarkan waralaba Star Wars. Game Hogwarts Legacy yang baru diluncurkan dari Warner Bros Discovery menduduki puncak tangga penjualan video game pada bulan Februari, menurut Circana.

Hal ini menambah daftar panjang PHK di perusahaan teknologi yang telah memimpin putaran terakhir PHK, karena perusahaan AS bersiap untuk potensi penurunan ekonomi di tengah kenaikan suku bunga.

Sebelumnya, Meta Platforms Inc dan Amazon.com Inc mengumumkan PHK putaran kedua bulan ini. Menurut data Challenger, Gray & Christmas Inc, PHK perusahaan teknologi mencapai 63.000 karyawan dalam dua bulan pertama tahun ini.

Topik Menarik