Deretan Desain Bus Paling Populer di Indonesia dari Model Double Decker hingga Bus Tanpa Spion

Deretan Desain Bus Paling Populer di Indonesia dari Model Double Decker hingga Bus Tanpa Spion

Teknologi | BuddyKu | Jum'at, 15 Juli 2022 - 11:00
share

JAKARTA, iNews.id - Terdapat beberapa model bus yang sangat populer di Indonesia. Menariknya, desain bus tersebut digarap perusahaan karesori Indonesia, mulai dari Laksana, Tentrem hingga Adiputro.

Bus-bus buatan dalam negeri ini begitu populer baik di kalangan busmania maupun masyarakat umum lantaran desain dan fasilitasnya yang terlihat mewah. Kualitasnya pun diakui pecinta bus bahkan sampai diekspor ke luar negeri.

Lantas, model desain bus apa saja terpopuler di Indonesia? Berikut ini deretannya.

1. Avante D2

width=560

Terbaru adalah Avante D2 merupakan bus double decker (bus tingkat) besutan karoseri asal Malang, Jawa Timur, Tentrem. Bus ini digunakan oleh perusahaan otobus (PO) Borlindo dengan mengusung tiga tingkat tempat duduk.

Di lantai bawah ada 11 kursi sleeper yang didesain dua tingkat. Sementara di lantai dua ada 24 seat kelas eksekutif dan super eksekutif. Bus ini terbilang memiliki kapasitas banyak, namun tidak mengorbankan kenyamanan.

Secara eksterior, Avante D2 memiliki ciri khas tampilan floating roof atau atap mengambang dengan desain elegan. Avante D2 juga memiliki bentuk kaca depan yang agak lonjong, sehingga menawarkan visibilitas baik bagi penumpang atas.

2. Jetbus SHD 3+

width=560

Jetbus SHD 3+ adalah bus garapan karoseri asal Malang, Jawa Timur, Adiputro. Biasanya model bus yang satu ini diadopsi untuk bus pariwisata dengan kapasitas penumpang besar.

Jetbus SHD 3+ hadir dengan kursi sebanyak 59 seat, serta formasi tempat duduk 2 seat di sisi kiri, 3 seat, serta dan 6 seat di barisan paling belakang.

3. Legacy SR2 Double Decker

width=560

Legacy SR2 Double Decker merupakan bus tingkat terbaik yang dirancang karoseri Laksana. Bus tersebut memiliki desain terbaik di kelasnnya serta eksterior dan interior yang mengusung teknologi canggih.

Legacy SR2 Double Decker pertama kali meluncur dalam pameran GIIAS 2018. Tak kalah penting, bus double decker ini secara penuh dibuat orang Indonesia dan sudah diekspor ke negara Bangladesh.

4. Avante D1

width=560

Tidak mau kalah dengan saudaranya, Avante D1 menjadi salah satu model bus terpopuler di Indonesia. Model bus yang satu ini semakin tenar setalah digunakan PO legendaris Harapan Jaya.

Avante D1 mengaspal tanpa dilengkapi spion. Sebagai gantinya, bus Avante D1 milik PO Harapan Jaya ini menggunakan kamera canggih yang menempel di setiap sudut bodi.

Kamera canggih ini disebut sebagai MirrorCam. Kamera akan beroperasi secara nonstop saat mobil menyala dan hasil tangkapan kamera ditampilkan secara langsung di dua layar yang ada dalam kabin pengemudi.

5. Discovery

width=560

Model bus Discovery digarap oleh karoseri Laksana. Bus yang satu ini juga sudah digunakan di banyak perusahaaan otobus Indonesia. Salah satunya adalah dari Yessoe Travel.

Selain kursi yang nyaman, bus Discovery juga punya beragam fasilitas, mulai dari AC, LCD TV, Toilet, jok dengan leg rest dan juga terdapat smoking room bagi penumpang yang merokok.

6. Conqueror

width=560

Conqueror merupakan salah satu bus double decker terbaik di Indonesia buatan karoseri Nusantara Gemilang. Bus double decker ini memiliki kerangka seri R37 dengan bobot ringan.

Conqueror Double Decker dioperasikan PO Nusantara. Satu hal yang menarik adalah bus tingkat ini dibuat khusus untuk merayakan 50 tahun PO Nusantara yang bermarkas di Kudus pada 2018.

Topik Menarik