5 Ukuran Motherboard pada Komputer Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

5 Ukuran Motherboard pada Komputer Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

Teknologi | okezone | Rabu, 16 Maret 2022 - 08:03
share

JAKARTA - Ukuran motherboard pada komputer sangat bervariasi. Umumnya, orang awam mengira ukuran motherboard akan sama saja untuk semua merek.

Perlu diketahui, ukuran motherboard sangat berpengaruh terhadap kelengkapan fitur motherboard itu sendiri. Untuk itu, penting mengetahui ukuran dan jenisnya.

Lantas, apa saja ukuran dari motherboard beserta jenisnya? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan berikut ini.

Saat ini, terdapat sejumlah besar ukuran motherboard standar industri, masing-masing memiliki fitur, kelebihan, dan kekurangan yang serupa, antara lain:

1. ATX

ATX merupakan singkatan dari Advance Technology eXtended. Jenis motherboard satu ini merupakan jenis paling umum yang sering digunakan pada sebuah komputer. Motherboard ini memiliki ukuran penuh dengan tinggi 305mm dan lebar 244mm, atau 12 x 9,6 inci.

ATX dibuat untuk menjalankan semua jenis sistem. Dengan setidaknya 4 RAM DIMM, motherboard ini dapat mendukung memori dua atau empat saluran, memberikan kinerja yang lebih baik kepada pengguna dalam aplikasi tertentu melalui papan yang tidak mendukung jenis konfigurasi ini.

Biasanya, motherboard ini memiliki 7 slot ekspansi, memungkinkan untuk menjalankan hingga 4 GPU dengan Nvidia SLI atau AMD Crossfire jika casing dan catu dayanya cocok untuk memberi daya dan menampung sistem seperti itu.

Selain itu, sejumlah besar slot ekspansi memungkinkan pengguna untuk menginstal peningkatan kualitas hidup, seperti kartu jaringan yang lebih baik yang bahkan dapat mendukung Wifi, adaptor Bluetooth, kartu suara, hub USB, dan banyak lagi.

Jenis motherboard ini biasanya menyediakan ruang yang cukup bagi produsen untuk memasang heatsink besar, VRM yang rumit (modul pengatur tegangan, akan kami jelaskan nanti), IO belakang yang lebih besar, konektor header SATA dan USB yang lebih banyak, memberi Anda pengalaman yang lebih baik.

Motherboard jenis ini ditenagai oleh konektor 24-pin dengan konektor 6/8 pin untuk CPU, memungkinkan untuk menjalankan prosesor kelas atas, dan bahkan melakukan overclock prosesor pada motherboard yang tidak terkunci.

Kelebihan

- Miliki IO yang lengkap

- Banyak ruang untuk heatsink

- VRM yang bagus dibandingkan dengan papan yang lebih kecil

Kekurangan

- Tidak dapat masuk ke dalam kasus faktor bentuk yang ringkas

- Lebih mahal daripada motherboard m ATX dan mini-ITX

Topik Menarik