Pengertian Break Even Point (BEP), Pengetahuan Dasar Penting Dalam Bisnis

Pengertian Break Even Point (BEP), Pengetahuan Dasar Penting Dalam Bisnis

Teknologi | trikinet.com | Senin, 14 Februari 2022 - 20:01
share

Break Even Point (BEP) adalah salah satu istilah penting dalam dunia bisnis yang harus Anda ketahui selaku business owner .

Istilah BEP ini berhubungan dengan manajemen keuangan dalam bisnis Anda karena dipakai untuk menganalisa apakah sebuah bisnis masih merugi atau tidak. Untuk lebih memahami istilah ini dengan baik, simak informasi selengkapnya pada artikel ini.

Apa itu Break Even Point (BEP)?

BEP atau Break Even Point adalah titik dimana sebuah bisnis bisa menutupi biaya produksi dari hasil penjualan. Dalam kata lain, BEP merupakan titik dimana bisnis telah terbebas dari kerugian.

Break even point adalah

Istilah BEP ini juga umum dikenal sebagai titik impas atau balik modal. Seperti namanya, sebuah bisnis dikatakan telah mencapai BEP ketika total hasil penjualan bisnis Anda dapat menutupi semua jenis pengeluaran, tidak kurang dan tidak lebih.

Menghitung BEP bisnis Anda memiliki banyak sekali manfaat atau keuntungan. Berikut ini adalah manfaat dari menghitung BEP:

Ternyata, BEP bukan hanya sekedar istilah. BEP juga merupakan tolak ukur yang perlu diketahui untuk menganalisa kondisi bisnis Anda, mencegah kerugian, dan merencanakan masa depan bisnis untuk bisa mencapai titik laba.

Topik Menarik