Artis Senior Mat Solar Hidup dengan Kursi Roda, Kini Pasang Kateter karena Stroke

Artis Senior Mat Solar Hidup dengan Kursi Roda, Kini Pasang Kateter karena Stroke

Gaya Hidup | tasikmalaya.inews.id | Senin, 16 September 2024 - 09:30
share

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id - Artis senior Mat Solar masih berjuang melawan stroke, seperti diungkapkan oleh putranya, Haidar Rasyad atau Popon.

Popon menjelaskan bahwa kondisi kesehatan ayahnya masih kurang baik dan Mat Solar terus berusaha untuk sembuh. Mat Solar harus menjalani pemasangan kateter dan sering bolak-balik ke rumah sakit akibat stroke yang dideritanya.

Menurut Popon, aktivitas Mat Solar kini banyak dilakukan di kursi roda. Meski demikian, Popon menegaskan bahwa ayahnya tidak menyerah dan tetap berusaha untuk sembuh.

"(Ke rumah sakit) untuk pemasangan kateter. Selebihnya baik-baik saja," kata Popon di Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (15/9/2024).

 

Popon juga memastikan bahwa meski ayahnya tidak lagi muncul di layar kaca dan hanya bisa terbaring di rumah, kondisinya masih baik.

"Ayah Mat Solar baik-baik saja. Ayah masih sehat, hanya berbaring, dan masih bugar," ungkapnya.

Walaupun rutin menjalani pengobatan, Popon mengaku tidak banyak perubahan dalam kondisi kesehatan ayahnya. Faktor usia juga membuat Mat Solar kesulitan untuk berbicara.

Popon sering mencoba mengajak ayahnya berbicara dan menghiburnya.

"Menurut saya, progresnya masih seperti itu. Karena sudah tua, susah untuk berbicara. Aku tiap hari menghibur ayah dengan cara menyuruhnya untuk menyebutkan huruf A, I, U, E, O, tapi dia hanya bisa mengucapkan A dan U. Memang susah," ungkap Popon.

"Kalau menghibur, ya, hanya dengan memegang tangannya, 'ayo' dan semacamnya," tambahnya.

Meski begitu, Mat Solar masih bersemangat untuk sembuh. Dia tidak pernah mengeluh ketika menjalani pengobatan.

"Iya, mengikuti pengobatan saja. Mau (diajak berobat). Ayah tidak pernah menolak. Iya, (berjuang sembuh)," kata Popon.

Topik Menarik