Kemenparekraf Serahkan Bantuan DPUP kepada 24 Desa Wisata di 12 Provinsi

Kemenparekraf Serahkan Bantuan DPUP kepada 24 Desa Wisata di 12 Provinsi

Terkini | tangsel.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 22:20
share

TANGERANG, iNewsTangsel.id -Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyerahkan bantuan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) kepada 24 desa wisata dari 12 provinsi di Indonesia. Bantuan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas desa wisata.

Penyerahan bantuan ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dan merupakan tindak lanjut dari program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang dimulai sejak 2023.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Anggara Hayun Anujuprana, dalam sambutannya di Hotel Mercure Serpong Alam Sutera, Rabu (23/10/2024), menyampaikan bahwa program DPUP diharapkan dapat mendorong pengelola desa wisata untuk mengembangkan potensi wisata serta meningkatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbasis pariwisata dan ekonomi kreatif yang melibatkan masyarakat.

"Melalui program DPUP, kami ingin memperkuat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di desa-desa, khususnya dalam pengembangan atraksi wisata, usaha kriya, kuliner, dan fesyen," ujar Anggara.

Ia menambahkan bahwa 50 desa wisata terpilih telah dikurasi untuk menerima bantuan, dan 24 di antaranya telah menandatangani perjanjian kerja sama. Setiap desa menerima bantuan senilai sekitar Rp120 juta, yang dilengkapi dengan program literasi keuangan dan pengelolaan bisnis.

 

Beberapa desa wisata penerima bantuan DPUP 2024 antara lain Desa Wisata Cibeusi, Desa Wisata Selamanik, Desa Wisata Bantaragung, Desa Wisata Purwabakti, Desa Wisata Taraju, Desa Wisata Pantai Tanah Kuning, Desa Wisata Iboih, Desa Wisata Kampoeng Lama, serta beberapa desa lainnya dari berbagai provinsi.

"Harapan kami, bantuan ini bisa berdampak positif dalam mengembangkan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia," tambah Anggara.

Selain penyerahan bantuan, acara tersebut juga mengadakan sesi edukasi bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait Waspada Investasi, Pinjaman Online, dan Judi Online, serta Sosialisasi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Terdapat juga sesi berbagi pengalaman dari Local Champion Desa Wisata Alamendah, penerima DPUP tahun 2023, yang membagikan kesuksesan mereka dalam memanfaatkan bantuan tersebut.

Topik Menarik