Kunjungan Presiden Zanzibar ke Tanjung Priok, Dirut Pelindo: Bahas Kerja Sama Pengembangan Pelabuhan

Kunjungan Presiden Zanzibar ke Tanjung Priok, Dirut Pelindo: Bahas Kerja Sama Pengembangan Pelabuhan

Ekonomi | tangsel.inews.id | Sabtu, 7 September 2024 - 18:00
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo dengan bangga menyambut kedatangan Presiden Zanzibar, Hussein Ali Mwinyi, di Pelabuhan Tanjung Priok. Kunjungan ini merupakan bagian dari kunjungan perdana Presiden Mwinyi ke Indonesia, setelah mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo pada 2 September 2024.

Kunjungan Presiden Zanzibar pada Kamis (5/9/2024) ini bertujuan untuk mengeksplorasi peluang kerja sama antara Zanzibar dan Indonesia, khususnya dalam pengembangan dan pengelolaan sektor pelabuhan. Sebagai negara kepulauan, kedua negara menghadapi tantangan dan peluang yang serupa dalam hal konektivitas.

Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, dalam sambutannya menekankan peran penting pelabuhan dalam meningkatkan perdagangan, memperkuat rantai logistik nasional, dan mendorong pembangunan ekonomi di negara kepulauan.

"Pelabuhan memegang peranan penting dalam memperkuat perdagangan dan distribusi antar pulau untuk mendukung pembangunan ekonomi," kata Arif.

Presiden Zanzibar menyambut baik potensi kerja sama di sektor pelabuhan dan berharap dapat mempelajari praktik layanan pelabuhan yang baik serta mencari peluang kolaborasi di masa mendatang.

 

"Kami berterima kasih atas inisiatif Pelindo yang membuka peluang kerja sama, terutama dalam pengembangan kapasitas, di mana staf pelabuhan Zanzibar dapat belajar dari pengalaman Indonesia," ujar Presiden Mwinyi.

Selama kunjungan tersebut, Presiden Mwinyi bersama beberapa Menteri Kabinet dan delegasi lainnya melihat langsung operasional Pelabuhan Tanjung Priok melalui Planning and Control Tower. Mereka mendapatkan gambaran tentang pengelolaan pelabuhan terintegrasi di Indonesia, yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan pelabuhan di Zanzibar.

Topik Menarik