Terminal Gapura Surya Nusantara Dinobatkan Sebagai Pionir Modernisasi Pelabuhan Nasional

Terminal Gapura Surya Nusantara Dinobatkan Sebagai Pionir Modernisasi Pelabuhan Nasional

Ekonomi | surabaya.inews.id | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 13:10
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berhasil mencuri perhatian setelah dinobatkan sebagai “Pionir Modernisasi Terminal Penumpang Kapal Laut Nasional”, dalam kategori top inovasi pelayanan publik berkelanjutan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). 

Penghargaan bergengsi ini diberikan atas sejumlah inovasi yang dilakukan Pelindo Regional 3, atas peningkatan layanan yang telah dilakukan di GSN dan menjadikan terminal ini sebagai standar baru bagi pelabuhan penumpang di Indonesia. 

Sejumlah inovasi yang diterapkan, seperti sistem e-ticketing yang terintegrasi, fasilitas self-service check-in, dan garbarata yang menghubungkan langsung antara terminal dan kapal. Fasilitas-fasilitas modern ini tidak hanya mempercepat proses boarding, tetapi juga memberikan kenyamanan bagi para penumpang. 

Ruang tunggu yang nyaman, area bermain anak, dan berbagai fasilitas komersial turut melengkapi pengalaman perjalanan para penumpang. 

Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3, Karlinda Sari menyampaikan bahwa modernisasi GSN tidak hanya berdampak pada peningkatan kenyamanan penumpang, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal dan nasional. 

Dengan semakin meningkatnya jumlah penumpang, maka akan berdampak pada peningkatan aktivitas ekonomi di sekitar pelabuhan, seperti sektor pariwisata, perdagangan, dan jasa. 

 “Penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh tim GSN dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kami akan terus berinovasi dan mengembangkan GSN agar menjadi pelabuhan yang semakin modern dan efisien,” ujarnya. 

Senada dengan hal tersebut, Ahmad Rofi’i salah satu calon penumpang KM Dharma Rucita 8 jurusan Surabaya - Lombok mengungkapkan kekagumannya atas perubahan yang terjadi di terminal tersebut.

 “Dulu, naik kapal itu merepotkan. Sekarang, semuanya serba mudah dan nyaman. Saya sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh GSN,” ungkapnya. 

Saat ini GSN juga telah meningkatkan konektivitas salah satunya adalah dengan mengintegrasikan GSN dengan sistem transportasi lainnya. Di antaranya adalah bus kota yang menhubungkan langsung pelabuhan dan terminal bus sehingga memudahkan konektivitas antar moda transportasi. 

Selain itu, Pelindo juga akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap fasilitas yang sudah ada, serta mengembangkan inovasiinovasi baru untuk meningkatkan kualitas layanan. 

Topik Menarik