Momen Mengharukan: Pilot yang Dibebaskan oleh KKB Video Call dengan Keluarganya

Momen Mengharukan: Pilot yang Dibebaskan oleh KKB Video Call dengan Keluarganya

Terkini | sorongraya.inews.id | Sabtu, 21 September 2024 - 16:50
share

 

TIMIKA, iNewsSorong.id - Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens akhirnya berhasil dibebaskan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya, Sabtu (21/9/2024). 

Setelah dibebaskan, Philip langsung diterbangkan ke Timika, di mana ia segera melakukan video call dengan keluarganya yang berada di Bali. 

Dari video berdurasi 30 detik yang diterima Redaksi iNews itu, memperlihatkan dalam momen haru tersebut, Philip terlihat beberapa kali menyeka air mata saat berbicara dengan istrinya dan anak-anaknya, menyampaikan bahwa ia sudah berada di Timika.

Taktik dan Diplomasi Menang: Operasi Penyelamatan Sandera Berakhir Tanpa Insiden

Pembebasan Pilot Philip Mark Mehrtens oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya merupakan momen penting dalam sejarah penanganan kasus sandera di Indonesia. 

Pilot Susi Air Philip bersama Kapolres Mimika usai dibebaskan oleh KKB (FOTO: IST)
 
 
 
 
Setelah disandera selama 1,5 tahun, Philip akhirnya dibebaskan melalui pendekatan "soft approach" oleh Satgas Ops Damai Cartenz 2024. 

Ka Ops Damai Cartenz 2024 Brigjen Faizal Ramadhani mengemukakan bahwa pendekatan ini menekankan negosiasi dan mediasi dengan melibatkan tokoh agama, adat, dan keluarga dekat Egianus Kogoya, sehingga berhasil mengurangi potensi korban jiwa dalam operasi pembebasan.

Keberhasilan operasi ini dipuji sebagai hasil dari strategi yang hati-hati dan damai, dengan mengutamakan komunikasi daripada kekerasan dalam upaya menyelamatkan nyawa sandera.

Topik Menarik