UMS Jadi Mitra Penyedia Beasiswa OSC Jenjang Sarjana

UMS Jadi Mitra Penyedia Beasiswa OSC Jenjang Sarjana

Terkini | sleman.inews.id | Minggu, 8 September 2024 - 11:50
share

SOLO, iNewsSleman.id - PT Citra Multimedia Indonesia menggandeng Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi mitra penyedia beasiswa OSC untuk jenjang Sarjana.

Beasiswa OSC program kolaborasi ini diharapkan mampu menjadi daya dukung pendidikan tinggi untuk memfasilitasi para siswa berprestasi di seluruh Indonesia. Program ini juga menjadi jalan demi mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Indonesia, dibutuhkan pendidikan yang merata untuk seluruh anak bangsa.

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si menyampaikan motivasi bergabungnya UMS sebagai penyedia beasiswa. Sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, pihaknya ingin memberikan kontribusi yang lebih real lagi kepada bangsa dan negara.

“Terutama mendukung Indonesia tahun 2045, itu yang salah satu motif. Sehingga menyadari bangsa ini memiliki kemampuan baik tetapi secara material tidak bisa kuliah, maka kemudian memberikan beasiswa, di samping selama ini sudah memberikan beasiswa yang cukup banyak," kata Sofyan Anif melalui siaran pers Humas UMS, Minggu (8/9/2024).  

Dengan bergabung dengan OSC, maka akan memperluas wacana sekaligus memperkuat UMS guna membantu bangsa ini mencetak SDM unggul menuju generasi emas tahun 2045.

Terdapat 32 prodi yang diikutsertakan, termasuk prodi favorit yang telah terakreditasi unggul, seperti Farmasi, Psikologi, Ilmu Hukum, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Gizi, Keperawatan.

Penerima beasiswa tidak hanya dibebaskan dari biaya perkuliahan, tetapi juga tetap juga akan dibina untuk mengembangkan diri seperti melalui pembinaan di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

"Nanti ada berbagai kegiatan-kegiatan, kami masukkan ke UKM yang menjadi passionnya masing-masing. Setiap mahasiswa memiliki potensi tertentu dikembangkan, contohnya beladiri, sepak bola, bahkan ada UKM yang mendorong agar mahasiswa itu memiliki skill yang baik," paparnya.

Pihaknya menyadari bahwa modal untuk bisa bekerja, dan modal untuk sukses di kehidupan tidak semata-mata ditentukan oleh nilai yang baik dari hasil kuliah.

Beasiswa OSC S1 pada UMS ini memberikan kemudahan mahasiswa agar bebas dari Uang Pangkal 100 persen, bebas uang semester selama 4 tahun dengan IPK minimal 2,75 setiap semesternya, dan surat keterangan pemenang.

Syarat dan ketentuan untuk mendapatkan beasiswa OSC di UMS ini adalah sebagai berikut a.) Merupakan siswa fresh graduate (lulusan SMA sederajat tahun 2025), b.) Melampirkan rapor semester 1-5, c.) dan Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru UMS.

Topik Menarik