10 Ucapan Selamat Menikah dalam Islam

10 Ucapan Selamat Menikah dalam Islam

Terkini | sindonews | Senin, 28 Oktober 2024 - 19:26
share

Ucapan selamat menikah dalam Islam perlu kita ketahui. Ucapan selamat itu lazimnya berupa doa sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa untuk pengantin pria dan wanita itu adalah sebagai berikut:

[arabOpen]بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ[arabClose]"Baarakalaahu laka wabaaraka 'alaika wajama'a bainakumaa fii khoirin."

Artinya: "Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan." (HR Abu Dawud no. 2130).

Baca juga: 23 Ucapan Selamat Menikah Penuh Doa dan Menyentuh Hati

Berikut 10 ucapan selamat menikah dalam Islam

1. "Selamat menempuh hidup baru, semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, dan warrahmah."

"Barakallahu lakuma wa baraka a'laikuma wa jama'a bainakuma fii khoiiir." (Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu serta keberkahan atasmu dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan).

2. "Selamat menikah, semoga Allah menyempurnakan kebahagiaan kalian dan menyempurnakan ibadah kalian, serta memberikan petunjuk dalam setiap keputusan."

Barakallahu lakum wa baraka alaikum (Mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan keberkahan atas kalian)

3. Alfu mabrukin lil’arusi wal’arisi ‘ala zawajis-sa’idi (Selamat kepada kedua mempelai atas pernikahan bahagia).

4. Tahanina, tamniyyatuna lakum bidawamis-sa’adati. (Selamat, Kami berharap Anda terus bahagia).

Baca juga: Sebelas Ucapan Selamat Lebaran dalam Bahasa Palembang

5. Alfu mabrukin liahla ‘arusaini fil’alami (Selamat untuk pengantin baru paling manis di dunia).

6. Alfu mabrukin liajmali ‘arusaini (Selamat untuk pengantin baru yang paling cantik).

7. "Selamat menempuh hidup baru. Semoga cinta dan kebahagiaan selalu mengisi hari-hari kalian dan menjadi keluarga sakinah, mawadah, warohmah untuk kalian berdua."

8. "Alhamdulillah! Selamat! Saat kalian bersatu dalam pernikahan, saya berharap kalian dipenuhi kebahagiaan, cinta, dan kegembiraan! Semoga Allah merahmati kalian!"

9. Ahlat-tahani wa ajmalul-umniyyati bi munasabati zawajikuma (Selamat dan harapan terbaik atas kesempatan pernikahan Anda"). 10. Baarakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

“Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan."

Baca juga: Hukum Menikah dengan Sepupu Dalam Islam

Topik Menarik