5 Fakta Menarik tentang Hashem Safieddine, Calon Pemimpin Hizbullah yang Dibunuh sebelum Menjabat

5 Fakta Menarik tentang Hashem Safieddine, Calon Pemimpin Hizbullah yang Dibunuh sebelum Menjabat

Terkini | sindonews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 18:52
share

Beberapa minggu setelah diketahui kematian Hassan Nasrallah, sosok pemimpin Hizbullahyang dibunuh oleh Israel menggunakan serangan udara di Lebanon. Hashem Safieddine yaitu salah satu calon kandidat yang akan dijabat sebagai pemimpin Hizbullah selanjutnya mendapatkan takdir yang sama.

Hashem Safieddine adalah ulama syiah Lebanon yang menjadi kepala Dewan Eksekutif Hizbullah dari tahun 2001. Safieddine sendiri sering dikatakan sebagai “Si Nomor Dua” dalam Hizbullah dikarenakan kedudukan beliau dalam kelompok tersebut.

Maka dari itu, fakta menarik apa saja yang dimiliki oleh Hashem Safieddine yang menjadikan beliau “Si Nomor Dua” dalam Hizbullah ?

5 Fakta Menarik tentang Hashem Safieddine

1. Sepupu dari Hassan Nasrallah

Hashem Safieddine adalah Sepupu pertama dari Hassan Nasrallah. Safieddine lahir di tahun 1964, 4 tahun lebih muda dibandingkan Nasrallah.

Berbeda dengan saudaranya Nasrallah yang pada masa mudanya, mendalami masalah perpolitikan dan gerakan sosial. Saffiedine fokus belajar dalam bidang teknologi.

Persamaan dalam jenjang edukasi mereka terletak pada dimana mereka menempuh edukasi di tempat yang sama yaitu Najaf, Irak dan meneruskan di Qom, Iran.

Hal ini dikarenakan sebelum pengusiran syiah di Irak, Najaf adalah kota Irak yang memiliki signifikansi terhadap pembentukan fondasi teologi dan ideologi syiah bagi Safieddine dan Nasrallah.

Walaupun Safieddine sendiri adalah sepupu dari Hassan Nasrallah, beliau tidak memiliki kharisma yang seimbang dengan Nasrallah.

Oleh karena itu, kedua sosok memiliki kontras dimana Hassan Nasrallah adalah muka dari hizbullah sendiri dan Hashem Safieddine adalah sosok penting Hizbullah dalam menata struktur organisasi dalam rencana strategi dari ekonomi, hubungan antar organisasi/negara , hingga militer.

2. Ikatan Erat dengan Iran

Safieddine juga memiliki hubungan dengan negara Iran yang dapat dibilang erat. Hal ini dikarenakan banyak keluarga dari Safieddine memiliki hubungan dengan Iran sendiri dari militer dan relasi.

saudara laki-laki Safieddine yaitu Abdullah Safieddine adalah salah satu representative hizbullah untuk Iran di teheran.

Peran yang dijalankan oleh Abdullah menjadi hal yang penting dalam hubungan hizbullah dengan Iran dalam memberikan dana, senjata, atau bantuan lain yang dibutuhkan oleh hizbullah.

Selain saudara laki laki Safieddine yang menjadi relasi bagi Hizbullah dengan Iran. Anak laki-laki beliau juga menikah dengan putri bungsu perwira militer Iran.

Reza Hashem Safieddine adalah anak laki-laki Safiddine dimana Reza menikah dengan putri bungsu perwira militer Iran Qasem Soleimani.

Qasem sendiri adalah perwira militer dari Islamic Revolutionary Guard Corps (IRGC) dimana beliau mulai bekerja sejak 1998 sebelum pembunuhan beliau oleh Amerika di 2020.

Dari kedua relatif milik Safieddine memberikan dampak ikatan antara Hizbullah dengan Iran yang erat.

3. Menjadi Incaran Amerika dalam Daftar Specially Designated Global Terrorist

Pada tahun 2017, Safieddine telah dikategorikan sebagai teroris bagi negara Amerika Serikat. hal ini dapat dilihat pada catatan media milik Departemen Luar Negeri AS.

Catatan tersebut menunjukan dibawah perintah eksekutif 13224. Safieddine di kategorikan sebagai Specially Designated Global Terrorist (SDGT).

Beliau diduga sebagai orang asing yang menimbulkan tindakan teror yang serius dimana tindakan tersebut mengancam keamanan Amerika Serikat.

Akibat dari keputusan yang diberikan, Aset yang dimiliki Safieddine di luar negaranya terutama di Arab dibekukan dan pentransferan asetnya melalui sektor finansial arab dilarang.

4. Beraktifitas di Militer dan Politik

Sebagai Dewan Eksekutif Hizbullah, Hashem Safieddine sudah memiliki aktivitasnya di bidang militer dan politik.

Sebelum menjadi Dewan Eksekutif Hizbullah, beliau adalah kepala dari dewan jihad dalam Hizbullah. Dewan Jihad adalah dewan yang bertanggung jawab sebagai pengatur aktivitas militer dan keamanan Hizbullah.

Dewan tersebut di bangun sebagai penanggulangan terhadap invasi Israel dalam permasalahan militer dan keamanan bagi Hizbullah hingga Lebanon. Mereka juga mengumpulkan mengumpulkan intelijen di seluruh Eropa Timur untuk membuat strategi dalam melawan Israel.

Kepemimpinan dewan tersebut menghasilkan Safieddine diarahkan sebagai komandan militer Hizbullah di Lebanon Selatan untuk mengawasi aktivitas militernya memastikan mereka siap untuk berkonflik dengan Israel.

Selain militer, Safieddine juga memiliki pengaruh dalam bidang politik Hizbullah sendiri. Saat beliau menjadi Dewan Eksekutif Hizbullah. Tugas yang harus dijalankan Safieddine adalah mengawasi aktivitas politik, sosial, dan edukasi Hizbullah.

Peran tersebut dapat disamakan sebagai peran Perdana Menteri dalam suatu organisasi dalam hal ini, Hizbullah.

Selain itu beliau adalah salah satu dari Dewan Shura dimana dewan tersebut memiliki hak pengambilan keputusan tertinggi dalam Hizbullah. Mereka bertanggung jawab dalam membuat regulasi dan strategi yang harus dijalankan oleh Hizbullah.

Mempertahankan ikatan Hizbullah dengan Iran juga menjadi aspek politik yang Safieddine harus bertanggung jawab demi kepentingan kelompoknya.

5. Dibunuh Seminggu Setelah Hassan Nasrallah

Kematian Hashem Safieddine dinyatakan meninggal oleh Hizbullah pada tanggal 23 Oktober 2024. Penyerangan yang terjadi oleh Israel kepada Safieddine terjadi pada tanggal 3 Oktober 2024 di Beirut, Lebanon.

Tanggal kematian beliau tepat dalam 1 minggu setelah kematian dari pemimpin Hizbullah dan sepupunya Safieddine, Hassan Nasrallah.

Tujuan yang diinginkan oleh Israel dalam pembunuhan Safieddine sendiri yaitu untuk menghancurkan kepemimpinan Hizbullah secara sistematik. Maka dari itulah alasan pembunuhan dari Safieddine dengan Nasrallah hanya memiliki rentan waktu 1 minggu.MG/ Raffirabbani Panatamahdi Adizaputra

Baca juga:Profil Hashem Safieddine, Calon Pemimpin Hizbullah yang Dikenal sebagai Keturunan Nabi Muhammad

Topik Menarik