4 Fakta Keluarga Gudono, Keluarga Menantu Ketiga Mantan Presiden Jokowi

4 Fakta Keluarga Gudono, Keluarga Menantu Ketiga Mantan Presiden Jokowi

Berita Utama | sindonews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:15
share

KELUARGA Gudono telah beberapa kali menarik banyak perhatian warganet setelah mereka menjadi salah satu keluarga menantu mantan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Keluarga Gudono kian disorot setelah salah satu anaknya, yakni Erina yang dipinang Kaesang Pangarep kerap menjadi perbincangan di sosial media.

Baca juga: Profil Mohammad Gudono, Ayah Erina Gudono Guru Besar UGM yang Mengabdi Lebih dari 25 Tahun

Erina Gudono pertama kali mencuri perhatian setelah memposting perjalanannya bersama sang suami ke Amerika Serikat menggunakan jet pribadi.

Masyarakat banyak yang menyayangkan hal itu karena dinilai seakan-akan tidak peduli dengan keadaan politik yang mengguncang Indonesia.

Tidak cukup sampai disitu, Erina juga membagikan postingan makan mewah di rumah sakit bergaya Omakase setelah melahirkan.

Banyak yang menilai jika seharusnya Erina sebagai salah satu keluarga kepala negara musti berhati-hati dalam membagikan postingan berbau kemewahan.

Baca juga: Arti Nama Bebingah Sang Tansahayu, Anak Pertama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Tingkah istri Kaesang yang cukup mencolok di sosial media ini lantas membuat banyak pihak penasaran akan latar belakang keluarganya. Berikut ini beberapa fakta Keluarga Gudono.

4 Fakta Keluarga Gudono

1. Kepala Keluarga Telah Meninggal Dunia

Kepala Keluarga Gudono atau ayah Erina Gudono yang bernama Prof Dr Mohammad Gudono telah meninggal dunia pada 23 Juli 2016 silam di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Penyebab meninggalnya ayah Erina dikabarkan karena terkena serangan jantung. Ayah Erina sendiri merupakan sosok Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM). Semasa hidupnya, beliau telah mengabdi di UGM lebih dari 25 tahun.

Tak hanya memiliki segudang prestasi hingga penghargaan, Prof Dr Gudono juga pernah mengemban sederet jabatan penting di UGM dan BKR RI.

2. Ibu Keluarga Gudono

Ibu Keluarga Gudono bernama Sofiatun Gudono yang merupakan seorang dosen. Merujuk data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), Ibu Sofiatun Gudono merupakan dosen sekaligus rektor di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mitra Indonesia.

Diketahui jika Ibu Sofiatun telah mendapat ge;lar sarjana dan magister dari Fakultas Ekonomi UGM. Dirinya juga pernah mengikuti Studi Akuntansi di Murray State College, Amerika Serikat.

3. Empat Bersaudara

Pernikahan Mohammad Gudono dengan Sofiatun ini dikaruniai empat anak yang bernama, Allen Adam Rinaldy Gudono, Nadya Sofia Gudono, Erina Sofia Gudono, dan Shania Sofia Gudono.

Allen Gudono adalah kakak laki-laki Erina. Anak sulung dari keluarga Gudono ini menjadi wali nikah Erina dalam pernikahannya dengan Kaesang.

Erina juga memiliki kakak perempuan bernama Nadya dan satu adik perempuan bernama Shania. Empat anak keluarga Gudono ini telah menyelesaikan pendidikan tingginya di sejumlah kampus ternama di Indonesia.

4. Keluarga Terpandang dan Terpelajar

Dari uraian beberapa anggota keluarga Gudono di atas, dapat disimpulkan jika keluarga ini masuk ke dalam kalangan keluarga terpelajar. Mulai dari orang tua mereka yang berprofesi sebagai akademisi, dan anak-anaknya yang lulus dari universitas bergengsi.

Allen Gudono merupakan lulusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta, Jurusan Ekonomi Hochschule Nordhausen, Goethe-University Frankfurt.

Kakak perempuan Erina yakni Nadya, lulus dari jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Sedangkan adiknya, Sofia lulus dari UGM jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan.

Erina Gudono sendiri merupakan lulusan dari UGM di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ia juga telah diterima di Columbia University mengambil pendidikan Master of Public Administration pada 2021.

Kini ia diketahui diterima di Universitas Pennsylvania (Upenn) diterima program S2 Master of Science School of Social Policy and Practice.

Topik Menarik