Sosok Veronica Tan, Berpisah dengan Ahok, Kini Masuk Kabinet Prabowo Jadi Wamen PPPA

Sosok Veronica Tan, Berpisah dengan Ahok, Kini Masuk Kabinet Prabowo Jadi Wamen PPPA

Nasional | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 08:13
share

Veronica Tan dipastikan akan masuk Kabinet Merah Putih Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dia akan menduduki kursi sebagai Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Prabowo pun resmi mengumumkannya sebagai Wamen PPPA pada Minggu (20/10/2024) malam. Prabowo disebut telah menitipkan pesan kepada Veronica khususnya mengatasi stunting melalui program makan bergizi untuk anak-anak Indonesia.

“Harus bikin semua anak dan perempuan itu bisa dibantu ya, supaya anak-anak yang stunting juga bisa dibantu, makannya ada yang program makan bergizi untuk anak anak,” kata Veronica di Kompleks Istana Kepresidenan, Minggu (20/10/2024).

Baca juga: Mengenal Mayor Teddy Indra Wijaya, Dulu Asisten Ajudan Jokowi, Kini Seskab Prabowo

Selain itu, Veronica pun mengatakan bahwa Presiden Prabowo meminta agar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) digiatkan lagi. “Pak Prabowo itu minta posyandu digiatkan lagi, jadi imunisasi tahap pertama itu kan penting ya, bagaimana membuat ibu bisa kasih asih untuk anak (ketika) keluar kandungan.”

Baca juga: Mengenal Meutya Hafid, Dulu Disandera di Irak, Kini Menteri Komunikasi dan Digital Prabowo

Jika menilik sosok Veronica Tan, tak banyak masyarakat yang tahu selain sebagai mantan istri Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Padahal, sosok Veronica Tan ternyata banyak berkecimpung di dunia caregiver, yang berkecimpung di dunia pendampingan pada seseorang yang tidak mampu merawat dirinya sendiri, baik sebagian atau keseluruhan karena keterbatasan fisik atau mental.

Dia juga mendirikan Yayasan Waroeng Imaji, yang bertujuan utama untuk membina dan menyalurkan minat dan bakat anak-anak rusun DKI Jakarta dalam bidang seni budaya, keterampilan, dan meningkatkan literasi.

Baca juga: Profil Lengkap Teuku Riefky Harsya, Menteri Ekonomi Kreatif

Bahkan, Veronica Tan merupakan founder atau pendiri layanan home care yang diberi nama LoveCare. Inspirasinya mendirikan layanan ini bermula dari pengalaman personalnya menjaga sang ibu yang pernah mengidap suatu penyakit, begitu pula dengan nenek yang mengalami kondisi Alzheimer.

Veronica Tan mendirikan LoveCare sebagai hasil kolaborasi antara hati, kesehatan, dan teknologi. Bahkan ide Veronica ini lahir dari pengalamannya saat menjabat ketua Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta, serta keinginan untuk membuat inovasi di sektor kesehatan melalui teknologi.

Menurut informasi yang beredar, Veronica Tan lahir di Medan, Sumatera Utara, pada 6 September 1977. Dia merupakan putri sulung dari tiga bersaudara. Selanjutnya, saat lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), dia pindah ke Jakarta untuk melanjutkan studi di Jurusan Arsitektur Universitas Pelita Harapan (UPH) meskipun tidak menyelesaikan pendidikan kuliah.

Veronica Tan kemudian menikah dengan Ahok pada 6 September 1997 di usia 19 tahun. Keduanya pertama kali bertemu saat sama-sama aktif di Gereja Kristus Yesus, Pluit, Jakarta pada 1994.

Dari pernikahannya, Veronica Tan dan Ahok dikaruniai tiga orang anak, yakni Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong, dan Daud Albeenner Purnama. Namun, pernikahan yang telah memasuki dua dekade itu, Ahok menggugat cerai Veronica Tan.

Topik Menarik