KTT BRICS di Rusia Akhir Oktober, Pertemuan Xi Jinping-Putin Bisa Bikin AS Waswas

KTT BRICS di Rusia Akhir Oktober, Pertemuan Xi Jinping-Putin Bisa Bikin AS Waswas

Berita Utama | sindonews | Minggu, 6 Oktober 2024 - 01:15
share

KTT BRICS selanjutnya yang bakal digelar di Kazan, Rusia Barat pada 22-24 Oktober 2024, mendatang bisa menjadi sinyal ancaman serius buat AS (Amerika Serikat). Pasalnya hubungan China dan Rusia yang semakin lengket, dipertegas dengan rencana pertemuan antara Presiden China, Xi Jinping dan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin di Kazan.

Baca Juga: Siapkan Kejutan Baru, Rusia Peringatkan Barat Tak Ganggu KTT BRICS di Kazan

Sebelumnya pada tengah pekan kemarin, Xi Jinping bertukar pesan ucapan selamat dengan Putin untuk menandai peringatan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara. China "siap bergabung dengan Putin untuk terus memperluas kerja sama pragmatis menyeluruh antara kedua negara (kami)," kata Xi seperti dilansir Xinhua.

Dalam pesannya kepada Xi, Putin mengatakan, hubungan bilateral China-Rusia sudah mencapai level tertinggi yang pernah ada dan "hubungan yang erat dan saling menguntungkan antara Rusia dan China telah teruji oleh waktu", kata Xinhua.

Baca Juga: Rusia Ungkap Syarat Utama Bergabung dengan BRICS, Apa Saja?

Ia juga mengatakan bahwa kedua belah pihak telah "berkoordinasi secara efisien dalam urusan internasional dan regional, dan bekerja sama untuk membangun tatanan dunia multipolar yang adil".

Sementara itu dalam beberapa pekan terakhir, Perdana Menteri China Li Qiang, Wakil Presiden Han Zheng dan Menteri Luar Negeri Wang Yi juga telah mengunjungi Rusia dan mengadakan pertemuan dengan Putin.

Kedua belah pihak mengadakan latihan angkatan laut skala besar bulan lalu, dengan Xinhua mengatakan latihan itu bertujuan untuk memperdalam "tingkat koordinasi strategis antara militer China dan Rusia dan meningkatkan kemampuan mereka untuk bersama-sama menanggapi ancaman keamanan", karena kapal dan pesawat tempur China dikirim untuk berlatih dengan pasukan Rusia.

Dalam sebuah artikel untuk People's Daily pada hari Kamis, Wang - yang juga pembantu kebijakan luar negeri utama Xi - memuji hubungan bilateral kedua negara yang menurutnya sudah "melewati badai dan gundukan, dan ... menjadi lebih dewasa, stabil dan tangguh".

Dia menggambarkan kerja sama Beijing dengan Moskow di PBB dan platform internasional lainnya sebagai "pembela sistem internasional" dan "menentang hegemonisme dan politik kekuasaan, serta menentang sanksi (barat) sepihak ilegal dan 'perpanjangan yurisdiksi'".

"Tidak peduli bagaimana situasi internasional berubah, inti dari hubungan China-Rusia tidak akan berubah, dengan warna dasar saling menghormati, kesetaraan, dan kerja sama yang saling menguntungkan tidak akan berubah," kata Wang seperti dilaporkan South China Morning Post (SCMP).

Pernyataan tersebut muncul hanya beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov mengeluarkan peringatan nuklir di Majelis Umum PBB di New York.

Menurut Tass, Lavrov memperingatkan bahwa tujuan AS dan Inggris untuk menimbulkan "kekalahan strategis" pada Rusia melalui dukungan untuk Ukraina adalah menyiapkan Eropa untuk "usaha bunuh diri", karena ia menekankan "ketidakbergunaan dan bahaya dari gagasan untuk berjuang menuju kemenangan dengan kekuatan nuklir seperti Rusia".

Topik Menarik