Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024: Kang Indra Dititipkan Kemajuan Olahraga Sumedang

Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024: Kang Indra Dititipkan Kemajuan Olahraga Sumedang

Olahraga | sindonews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 17:27
share

Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024 di Kabupaten Sumedang sudah dibuka pada Senin (30/9/2024). Dalam sambutan pembukaan, Tenaga Ahli Menpora Luhur Dewanthono sempat menyinggung sosok putra daerah Sumedang Indra Jayaatmaja yang juga menjadi ASN di Kemenpora.

Menurut Luhur, kegiatan Kejuaraan Tarkam Kemenpora ini menunjukkan pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat di daerah untuk merangsang semangat budaya olahraga.

"Program Tarkam ini merupakan arahan langsung dari Bapak Presiden Joko Widodo. Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam aktivitas fisik dan olahraga. Jadi, untuk peserta yang hadir maupun masyarakat di Sumedang, harus berolahraga rutin demi menjaga kesehatan dan produktivitas," Kata Luhur.

Dia pun memberikan apresiasi atas nama Menpora Dito Ariotedjo kepada Pj. Bupati Sumedang dan Pemkab Sumedang yang jemput bola dan berkolaborasi dengan Kemenpora.

Sosok ASN Kemenpora Indra Jayaatmaja, menurut Luhur juga layak diapresiasi karena komunikasinya yang baik dengan pemerintah daerah asal kelahirannya, bisa membuat kegiatan-kegiatan Kemenpora hadir di Sumedang.

"Untuk Masyarakat Sumedang, ini saya juga didampingi Kang Indra. Beliau ini anak muda, yang berkarier di Kemenpora dan memiliki kepedulian yang besar kepada tanah kelahirannya. Kegiatan-kegiatan ini, juga ada andil Kang Indra, yang memberikan perhatian ke Sumedang, sehingga banyak kolaborasi terjadi antara Pemkab Sumedang, anak-anak muda di Sumedang dengan Kemenpora," terangnya.

Sejatinya, lanjut Luhur, bukan hanya Kejuaraan Tarkam saja yang menjadi kegiatan hasil kolaborasi dengan Kemenpora. Dia membeberkan bahwa ada juga event lain yang digelar seperti West Java Paragliding Championship serta Sumedang Creative Festival.

Karena kolaborasi yang massif dan baik tersebut, Luhur optimistis kegiatan tersebut bakal berdampak positif bagi perkembangan olahraga di Sumedang sekaligus membantu menggerakkan perekonomian masyarakat. Selain itu, para peserta bertanding dengan semangat kebersamaan dan kegembiraan.

"Untuk Kang Indra, titip Sumedang ke depan biar makin tinggi semangat masyarakatnya untuk berolahraga, semakin bagus kolaborasinya dengan pemerintah pusat dan juga semakin kreatif anak-anak mudanya," tegas Luhur.

Ditemui terpisah, Indra Jayaatmaja mengaku terhormat karena namanya disinggung. Dia pun memastikan, bahwa kegiatan itu terlaksana bukan melulu karena ada dirinya sebagai ASN Kemenpora. Namun, ada semangat dari Pemkab Sumedang untuk berkolaborasi, pun demikian dengan anak-anak muda yang memang jemput bola agar bisa menggelar banyak kegiatan yang berkolaborasi dengan pemerintah pusat.

"Terima kasih atas atensi dari TAM Menpora, tetapi ini bagi saya karena kerja bersama, keinginan besar Bersama. Kebetulan saya ada di Kemenpora dan ada teman-teman di Pemkab yang punya ghiroh besar untuk memajukan Sumedang, sehingga kolaborasi ini bisa tercipta," ucap pria yang karib disapa Kang Indra tersebut.

Tarkam Sumedang 2024 diikuti oleh peserta dari 26 Kecamatan, dengan mempertandingkan empat cabang olahraga: Atletik (Lari 60 & 80 meter), Senam, Bola Voli, dan Tenis Meja. Dalam pembukaan yang meriah tersebut, Luhur didampingi juga oleh Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Suyadi Pawiro dan Sekretaris Deputi Pembudayaan Olahraga Aris Subiyono.

Topik Menarik