Bunyi Teks Ikrar Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024

Bunyi Teks Ikrar Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024

Terkini | sindonews | Senin, 30 September 2024 - 15:09
share

Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pun akan digelar besok.

Penetapan Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober berdasarkan SK Nomor 153 Tahun 1967 yang diterbitkan Presiden Soeharto pada 27 September 1967.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertujuan mengenang para pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S) tahun 1965.

Baca Juga: Pedoman Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Sekolah, Pelajar dan Guru Perlu Tahu

Peringatan ini juga berfungsi sebagai pengingat bagi masyarakat bahwa ideologi Pancasila tidak dapat digantikan oleh ideologi apa pun.

Terdapat Teks Ikrar yang biasanya dibacakan pada setiap Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Teks Ikrar memaparkan bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Teks Ikrar

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara;

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dilansir dari dari Kemendikbud terkait Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, berikut informasi lengkapnya:

Tema Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 :

Tahun ini mengangkat tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”

Penyelenggaraan upacara di tingkat pusat:

Hari, tanggal : Selasa, 1 Oktober 2024 Pukul : 08.00 WIB s.d. selesai Tempat : Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur Pakaian : Pria : Pakaian Sipil Lengkap (PSL) Wanita : Pakaian Nasional TNI/POLRI : Pakaian Dinas Upacara (PDU) III

Pedoman Penyelenggaraan di Kementerian, Lembaga Tinggi Negara, Kejaksaan Agung, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Bank Indonesia, Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri, Tingkat Daerah, serta Satuan Pendidikan :

Urutan acara pokok yang ditentukan sebagai berikut: 1. Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara, dipimpin oleh Komandan Upacara2. Laporan Komandan Upacara, upacara siap 3. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara 4. Pembacaan Teks Pancasila 5. Pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 6. Pembacaan Naskah Ikrar 7. Pembacaan Naskah Doa 8. Andhika Bhayangkari (menyesuaikan) 9. Laporan Komandan Upacara, upacara selesai 10. Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara 11. Upacara selesai

Demikian informasi tentang bunyi Teks Ikrar dan Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024. Semoga Bermanfaat!

MG/Marine Lugina

Topik Menarik