Siapa Choi Soon-hwa? Nenek Berusia 80 Tahun yang Ikut Miss Universe Korea

Siapa Choi Soon-hwa? Nenek Berusia 80 Tahun yang Ikut Miss Universe Korea

Global | sindonews | Sabtu, 28 September 2024 - 15:16
share

Lahir hampir satu dekade sebelum kontes Miss Universe pertama diadakan pada tahun 1952, Choi Soon-hwa yang berusia 80 tahun kini dapat mengukir sejarah sebagai peserta tertua dalam kontes kecantikan tersebut.

Awal bulan ini, ia diresmikan sebagai finalis dalam kompetisi tahunan Miss Universe Korea. Pada hari Senin, Choi akan berhadapan langsung dengan 31 kontestan lainnya untuk memperebutkan mahkota — dan kesempatan untuk mewakili Korea Selatan di final Miss Universe di Meksiko November ini.

Siapa Choi Soon-hwa? Nenek Berusia 80 Tahun yang Ikut Miss Universe Korea

1. Ingin Mengejutkan Dunia

“Saya ingin mengejutkan dunia, seperti, ‘Bagaimana seorang wanita berusia 80 tahun bisa begitu sehat? Bagaimana dia menjaga tubuhnya? Apa diet Anda?’” katanya kepada CNN melalui telepon menjelang kontes kecantikan. “Ketika Anda bertambah tua, berat badan Anda bertambah… Jadi, saya ingin menunjukkan bahwa kita dapat hidup sehat bahkan ketika kita bertambah tua.”

Selama beberapa dekade, Organisasi Miss Universe memberlakukan batasan usia yang ketat yang membatasi partisipasi hanya untuk wanita berusia 18 hingga 28 tahun. Namun mulai tahun 2024, di tengah meningkatnya seruan untuk melakukan modernisasi, batasan usia atas telah dicabut. Tahun lalu, organisasi tersebut juga memperbarui kriteria kelayakan untuk menghapus larangan lama bagi wanita hamil atau ibu, dan wanita yang telah — atau pernah — menikah.

2. Tidak Ada Batasan Usia

Kontes kecantikan Miss Universe tingkat nasional, meskipun tidak semuanya dikelola langsung oleh Miss Universe Organization, diwajibkan untuk mengikuti hal yang sama. Tahun ini, Lorraine Peters yang berusia 58 tahun dan Alejandra Marisa Rodríguez yang berusia 60 tahun masing-masing ambil bagian dalam Miss Universe Kanada dan Miss Universe Argentina, meskipun keduanya tidak melaju ke final pada bulan November.

“Sekarang setelah batasan usia telah dicabut, saya berkata, ‘Saya harus mencobanya,’” kata Choi, seraya menambahkan: “Entah saya lolos atau tidak, saya bertekad untuk mencoba dan mendapatkan kesempatan ini.”

Ditetapkan sebagai orang tertua yang pernah berpartisipasi dalam kontes kecantikan Miss Universe tingkat nasional, Choi — jika ia memenangkan gelar dan melaju ke Meksiko — akan berusia lebih dari dua kali lipat usia finalis tertua berikutnya (Beatrice Njoya dari Malta yang berusia 40 tahun saat ini merupakan peserta tertua yang dikonfirmasi, dan ibu dari tiga anak, meskipun beberapa negara belum memilih peserta mereka).

Penyelenggara Miss Universe Korea mengumumkan kompetisi tahun ini dengan mengklaim dalam materi promosi bahwa "usia tidak menjadi masalah dalam hal bermimpi." Mereka juga menghapus segmen pakaian renangnya.

3. Selalu Terlihat Cantik di Dalam dan Luar

Kontes kecantikan hari Senin akan memperlihatkan Choi mengikuti kontes menyanyi, dengan finalis lain menampilkan tarian atau berjalan dengan pakaian tradisional Korea yang dikenal sebagai "hanbok." Pemenang Miss Universe Korea akan diputuskan melalui sistem penilaian yang mempertimbangkan pemungutan suara daring dan penilaian juri, yang menurut Choi menghargai "kecantikan lahir dan batin."

“Terlihat cantik dari luar itu penting, tetapi saya pikir Anda juga harus tenang dalam pikiran, dan tahu cara menghargai orang lain,” katanya, seraya menambahkan: “Anda juga harus menjadi pemikir positif. Banyak orang yang bersikap negatif akhir-akhir ini.”

Kontes kecantikan Korea telah dikritik dalam beberapa tahun terakhir karena mempromosikan gagasan tunggal tentang kecantikan — yang menurut para pencela diperkuat oleh penggunaan operasi kosmetik oleh beberapa peserta, yang biasanya tidak dibatasi oleh penyelenggara. Namun Choi tidak terpengaruh oleh perkembangan tersebut.

“Sulit untuk menemukan orang yang belum pernah melakukan perbaikan atau operasi plastik, dan saya pikir sudah saatnya kita menerimanya,” katanya. “Banyak orang melakukan operasi mata atau meninggikan hidung… Dulu, itu adalah sesuatu yang dicemooh orang lain, tetapi sekarang tidak seperti itu. Bukan hanya orang Korea — banyak wanita di seluruh dunia yang menjalani operasi plastik.”

4. Menjadi Model untuk Melunasi Utang

Meskipun kontes hari Senin menandai debut Choi dalam kontes kecantikan, ia telah membuat namanya sendiri di dunia mode Korea. Setelah meninggalkan masa pensiun di tengah kesulitan keuangan untuk bekerja sebagai perawat rumah sakit di usia 50-an, Choi mulai menjadi model pada usia 72 tahun untuk membantu melunasi utang.

“Salah satu pasien saya menyuruh saya mencoba menjadi model,” kenang Choi, seraya menambahkan: “Saya pikir itu tidak masuk akal… tetapi pada saat yang sama, itu membangkitkan impian lama saya untuk menjadi model, mengenakan pakaian cantik, dan melakukan pemotretan. Jadi, saya berkata, ‘Ya, saya dulu memimpikan itu sebelumnya, saya harus mencobanya.’”

“Menjadi model seperti membuka pintu ke jalan baru bagi saya, jadi saya merencanakan dalam pikiran saya. Saya berkata, 'Saya akan sukses dan bekerja keras'... Ketika impian saya menjadi kenyataan, saya bersyukur kepada Tuhan dan terus bekerja keras. Itu sangat menyenangkan dan saya menyukainya.”

Baca Juga: Siapa Asim Malik? Kepala Intelijen Pakistan Baru yang Ahli dalam Perang Pegunungan

5. Dampak Populasi yang Menua di Korea Selatan

Dengan angka kelahiran yang menurun dengan cepat, Korea Selatan termasuk di antara negara-negara dengan penuaan tercepat di dunia. Awal tahun ini, jumlah warga Korea Selatan yang berusia 65 tahun atau lebih melampaui 10 juta untuk pertama kalinya, mewakili hampir 20 dari populasi. Angka ini diprediksi akan naik hingga 36,7 — lebih tinggi dari negara mana pun — pada tahun 2044, menurut perkiraan pemerintah.

Pada gilirannya, peluang bagi — dan sikap terhadap — model yang lebih tua membaik, menurut Choi.

"Ada banyak model senior saat ini," katanya. "Tetapi mungkin (hanya sebagian kecil dari mereka) yang bekerja dan dibayar. Tentu saja berbeda, dibandingkan dengan 10, 20 tahun yang lalu. Sepuluh tahun yang lalu, tidak ada yang benar-benar mencari model senior. Model yang lebih tua hanya bekerja sebagai hobi untuk bersenang-senang, bukan sebagai pekerjaan yang dibayar."

Choi yakin pengalamannya sebagai model akan terbukti berguna di dunia kontes kecantikan: "Berjalan di panggung peragaan busana merupakan kolaborasi antara bahu, lutut, dan pinggul. Semua kontestan Miss Universe sangat pandai berjalan seperti model. Beberapa bahkan lebih baik daripada model sebenarnya."

6. Memiliki Tiga Cucu

Nenek tiga cucu, yang akan berusia 81 tahun bulan depan, mengatakan kepada CNN bahwa dia gembira dengan prospek mewakili negaranya di luar negeri: “Saya selalu bermimpi tampil di panggung di luar negeri, jadi pola pikir saya sudah siap. Jepang adalah satu-satunya negara lain yang pernah saya kunjungi, dan saya yakin (penyelenggara kontes kecantikan) akan mengajarkan pemenang segalanya, jadi saya siap!”

Dia juga mendapat dukungan dari anak-anak dan cucu-cucunya. “Mereka bilang mereka sangat bangga pada saya seperti, ‘Nenek saya luar biasa!’… Anak saya bilang dia bangga pada saya, dan menikmatinya apa pun hasilnya.”

Topik Menarik