9 Rekomendasi Tempat Wisata di Kawasan 3B

9 Rekomendasi Tempat Wisata di Kawasan 3B

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 26 September 2024 - 15:18
share

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno baru-baru ini meluncurkan paket wisata 3B yakni Banyuwangi, Bali Barat, dan Bali Utara yang diharapkan semakin memperkaya pilihan tujuan berwisata wisatawan.

Namun, mungkin masih banyak wisatawan yang belum familiar alias mengetahui destinasi apa saja yang ditawarkan di tiga kawasan tersebut.

Melansir berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi tempat wisataandalan di Banyuwangi, Bali Barat, dan Bali Utara.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Banyuwangi Selain Kawah Ijen

Banyuwangi

1. Pantai Pulau Merah

Bagi Anda yang ingin berselancar, Pantai Pulau Merah adalah pilihan yang tepat.

Jika tak ingin berselancar, duduk memandangi lekuk tubuh alamnya yang menawan pun akan tetap menyenangkan.

2. Hutan De Djawatan

Ingin merasakan sensasi berada di Hutan Fangorn dalam film Lords of the Rings secara nyata? Datang saja langsung ke Hutan De Djawatan yang berada di Banyuwangi!

Hutan ini banyak diburu para wisatawan berkat rimbunnya pepohonan trembesi dan cahaya matahari yang melalui sela sela daunnya.

3. Taman Nasional Alas Purwo

Ingin menikmati sensasi alam yang tenang sambil mengenal ragam varietas tumbuhan dan hewan? Anda dapat mengunjungi Taman Nasional Alas Purwo.

Kawasan hutan tertua di Pulau Jawa ini memiliki lebih dari 584 jenis tumbuhan, termasuk beberapa di antaranya adalah tumbuhan khas dan endemik, seperti sawo kecik dan bambu manggong.

Selain itu, taman seluas 44.037 hektar ini juga dihuni oleh ratusan jenis fauna yang bisa diamati untuk studi wisata.

Bali Barat

1. Bali Tower Restaurant

Wilayah Barat Bali sebenarnya menyimpan banyak objek wisata menarik seperti salah satunya di Tower Restaurant.

Lokasinya berada di tengah kawasan Taman Nasional Bali Barat. Wisatawan ketika berada di sini bisa menyaksikan alam dengan pemandangan berbeda. Beberapa satwa yang ada juga terbilang langka seperti rusa atau beberapa jenis burung.

Baca Juga: Desa Les Jadi Destinasi Unggulan di Bali Utara, Masuk ADWI 2024

2. Hamparan Tebing Hijau di Desa Yehembang

Lokasi di wilayah Barat Bali tepatnya Desa Yehembang Kangin juga menjadi daerah wisata menarik. Di desa ini terdapat spot andalan berupa Green Cliff.

Menariknya, akan ada sebuah penampilan hamparan hijau dari tebing tebing yang indah.

Warna tebing ini juga masih hijau sehingga keasriannya terjaga.

3. Air Terjun Tersembunyi di Desa Musi

Desa Musi bagi masyarakat lokal sudah terkenal dengan autentitasnya. Keindahan alam terpampang secara sederhana di sini.

Menariknya lagi, wisatawan dapat menyaksikan air terjun tersembunyi di sini.

Pemandangan dari air terjun di Desa Musi ini sangat menawan. Karena lokasinya masih tersembunyi wisatawan perlu melalui beberapa medan dan tidak jarang menanyakan arah ke penduduk setempat.

Bali Utara

1. Puncak Wanagiri

Tak hanya Ubud yang memiliki spot foto unik seperti ayunan langit dan sangkar burung, Bali Utara pun menawarkan wisata serupa.

Cobalah berkunjung ke Puncak Wanagiri atau juga dikenal dengan nama Wanagiri Hidden Hill di Buleleng.

Jangan lewatkan keindahan Pura Ulun Danu Buyan atau Air Terjun Cinta yang lokasinya berdekatan dengan Puncak Wanagiri.

2. Pura Ulun Danu Bratan

Tak lengkap jika liburan ke utara Bali, tetapi tidak mengunjungi Pura Ulun Danu Bratan. Sebagai informasi Pura Ulun Danu Bratan adalah tempat pemujaan umat Hindu sekaligus tempat wisata karena lokasi pura ini dikelilingi danau dan perbukitan sehingga menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Anda bisa berkeliling lima kompleks pura dan mengagumi keindahan stupa dewa. Selain itu, tersedia fasilitas lain yang bisa membuat pengalaman liburan lebih seru seperti wahana bebek air, perahu sampan, hingga speedboat.

3. Bali Handara Gate

Inilah tempat wisata di Bali Utara yang kini banyak diburu pecinta selfie. Bali Handara Gate merupakan gerbang raksasa dengan ukiran khas Bali yang berada di Handara Golf and Resort.

Alasan kenapa gerbang ini terkenal adalah, jika Anda berfoto di depannya, terdapat pemandangan perbukitan hijau yang asri.

Topik Menarik